Record Details

KONSEP TARBIYATUL AULAD FI AL-ISLAM ABDULLAH NASHIH ‎ULWAN DAN ‎RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM ‎UNTUK “KIDS JAMAN NOW”‎

Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSEP TARBIYATUL AULAD FI AL-ISLAM ABDULLAH NASHIH ‎ULWAN DAN ‎RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM ‎UNTUK “KIDS JAMAN NOW”‎
 
Creator AMALIATI, SITI
 
Description ‎“Insan kamil” merupakan tujuan pendidikan Islam tertinggi, untuk menuju tujuan tersebut harusnya ‎dipersiapkan secara matang sedini mungkin. Mengingat perubahan kehidupan manusia yang sangat cepat ‎dan dinamis di era revolusi industri 4.0 saat ini. Salah satu realitas yang menjadi viral di dunia maya saat ‎ini munculnya istilah “kids jaman now” yang merujuk pada tingkahlaku dan perubahan kebutuhan anak-‎anak usia sekolah menjadikan gawai sebagai candu. Ironisnya, usia mereka yang belum dapat memfilter ‎baik dan buruk secara maksimal, mereka justru banyak mengimitasi apapun tersedia pada gawai mereka ‎sesuai dengan kehendaknya dan menjadikannya sebagai pola kesehariannya. Oleh sebab itu pendidikan ‎Islam dapat dijadikan acuan dalam memberikan tindakan preventif agar tidak terjadi prilaku-prilaku ‎menyimpang pada anak-anak. Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab karangannya Tarbiyatul Aulad fi al-‎Islam menjelaskan ada tujuh pokok pendidikan yang harus di berikan pada anak-anak yaitu pendidikan ‎intelektual, pendidikan psikis, pendidikan moral, pendidikan iman, pendidikan fisik, pendidikan sosial, ‎dan pendidikan seksual. Ketujuh dasar tersebut harus diberikan pada anak-anak secara kontinyu dan ‎pembiasaan sedini mungkin. Konsep Tarbiyatul Aulad fi al-Islam memiliki relevansi dengan pendidikan ‎Islam itu sendiri. Hal ini dapat dilihat dari konsep pendidikan Islam yang menjelaskan tentang tiga dasar ‎pokok pendidikan yang harus diberikan pada anak-anak yaitu pendidikan Aqidah, pendidikan Akhlaq, ‎dan pendidikan Ibadah. Sehingga relevansi konsep Tarbiyatul Aulad fi al-Islam dengan pendidikan Islam ‎memiliki relevansi nilai-nilai yang dapat dijadikan pondasi dalam mendidik anak secara Islami. Penelitian ‎ini merupakan penelitian kualitatif noninteraktif yang menitik bertakan pada data kajian  secara  teoritis.  ‎Pengumpulan  data  dengan  cara kualitatif yang ada  hubungannya  dengan  konsepsi pendidikan anak ‎dalam Islam Abdullah Nashih Ulwan menggunakan teknik dokumen atau studi literatur/pustaka.‎
 
Publisher Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
 
Date 2021-01-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/627
10.31538/aulada.v2i2.627
 
Source Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak; Vol 2 No 2 (2020): Teknologi dan Pendidikan Anak; 78-99
2656-1638
10.31538/aulada.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/627/580
 
Rights Copyright (c) 2021 AULADA: JURNAL PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGAN ANAK