Dampak Tontonan Video Youtube Pada Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Dampak Tontonan Video Youtube Pada Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini
|
|
Creator |
Mastanora, Refika
|
|
Description |
Internet sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seluruh orang yang di dunia. Semuainformasi bisa diakses menggunakan internet. Dahulunya internet hanya digunakan untuk pertukaraninformasi dan surat menyurat, namun sekarang dengan adanya media baru fungsi internet tidaknyamenjadi pusat informasi, tapi juga hiburan dan alat yang edukatif. Youtube misalnya, orang-orangbisa belajar praktek langsung dengan menonton video youtube. Youtube dapat diakses oleh siapa dandimana saja, salah satunya untuk anak-anak usia dini, youtube menjadi sarana yang edukatif dalammengasah kreativitas anak usia dini. Beberapa ahli Psikolog mengatakan bahwa anak cenderungmenyerap secara utuh apa yang ia lihat, dan ia akan belajar dari apa yang ia lihat. Hal ini dapatmemicu kreativitas bagi anak-anak usia dini. Kreativitas setiap individu dapat dilihat dari segibagaimana ia membuat sesuatu yang terpikirkan karena ia melihat suatu objek yang telah adakemudian ia inovasikan kepada bentuk yang baru. Ini menarik perhatian penulis untukmengidentifikasi dan mendeskripsikan dampak tontonan video youtube pada perkembangankreativitas anak usia dini. Jenis penelitian ini kualitatif desktiptif dengan hasil penelitian: 1) Anak-anak cenderung senang melihat gambar visual yang berwarna warni dan musik yang menarik,sehingga mengaktifkan otak kanan anak untuk berfikir kreatif. Karena anak cenderung menyeraputuh apa yang ia lihat, agar anak lebih kreativ hendaknya diberikan tontonan video youtube yanglebih edukatif, karena konten video youtube disiarkan secara bebas, misalnya video cara bernyanyi,menari, mewarnai, dan lain-lain. 3). Keberhasilan dalam mengembangkan kreativitas anak ditentukan keterampilan berfikir dan bekerja kreatif, dan motivasi instrinsik, untuk itu suasanayang kondusif dan semangat dari orangtua bisa menjadi motivasi bagi anak di usia dini.
|
|
Publisher |
Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
|
|
Date |
2020-01-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/580
10.31538/aulada.v2i1.580 |
|
Source |
Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak; Vol 2 No 1 (2020): Pengasuhan AUD dan Bimbingan; 47-57
2656-1638 10.31538/aulada.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/580/433
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 AULADA: JURNAL PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGAN ANAK
|
|