Record Details

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI BABATAN V SURABAYA

Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD NEGERI BABATAN V SURABAYA
 
Creator Fitria, Rezki Nurma
 
Description Pendidikan Inklusif adalah pemberian kesempatan yang sama kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) untuk memperoleh pendidikan di sekolah reguler. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Implementasi pendidikan inklusif di SD Negeri Babatan V Surabaya, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan inklusif di SD Negeri Babatan V Surabaya, dan (3) Upaya sekolah dalam menindaklanjuti pendidikan inklusif di SD Negeri Babatan V Surabaya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan penelitian menggunakan studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara terstruktur, (2) observasi  partisipasi pasif, dan (3) studi dokumentasi. Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi  sumber data dan  triangulasi teknik. Teknik keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian di lapangan mengenai implementasi pendidikan inklusif di SD Negeri Babatan V Surabaya dapat dijelaskan sebagai berikut (1) Implementasi pendidikan inklusif SD Negeri Babatan V Surabaya dengan melibatkan Guru Pendamping Khusus (GPK), terdapat 3 ruang kelas untuk ABK yang terdiri dari: kelas regular, kelas motivasi, dan kelas khusus, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan inklusif SD Negeri Babatan V Surabaya adalah kurangnya motivasi guru untuk memodifikasi pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan ABK, (3) Tindak lanjut dari implementasi pendidikan inklusif SD Negeri Babatan V Surabaya adalah kepala sekolah dengan melibatkan seluruh stakeholder sekolah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan nyaman untuk semua peserta didik.
 
Publisher Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
 
Date 2020-01-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/555
10.31538/aulada.v1i2.555
 
Source Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak; Vol 1 No 2 (2019): PIAUD; 6
2656-1638
10.31538/aulada.v1i2
 
Rights Copyright (c) 2020 AULADA: JURNAL PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGAN ANAK