Record Details

PENGARUH PERAN GURU DAN SERVICE LEARNING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK BERMAIN AL HASANAH DESA SAJEN KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PERAN GURU DAN SERVICE LEARNING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK BERMAIN AL HASANAH DESA SAJEN KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO
 
Creator Maknuun, Luluil
 
Description ABSTRAK
 
Pendidikan karakter adalah nyawa dari pendidikan untuk generasi muda. Jila selama ini anak hanya dibebani dengan tugas yang diberikan guru untuk menjadi idola seperti yang dibayangkan pihak luar, pada pendidikan karakter peserta didik dididik untuk menjadi dirinya sendiri dalam keserasian dengan orang lain, lingkungan dan masa depan bangsa.
Pendidikan karakter adalah sejatinya melalui pemahaman konsep, aplikasi dan refleksi serta penyaturagaan hakikat diri sebagai manusia cerdas dan otonom yang mampu untuk berbuat yang terbaik untuk diinya sendiri, lingkungan, bangsa dan agama. Guru merupakan model yang akan diserap peserta didik, untuk itu dibutuhkan metode pembelajaran penyatuan antara pengetahuan, refleksi dan amalan. Demikian kuatnya pengaruh guru dibutuhkan orientasi baru guru dalam mendidik karakter yaitu kemampuan pemberdayaan dan pembangunan masyarakat. Guru harus memahami, dapat menarik manfaat langsung dan sekaligus mampu mengembangkan struktur baru dalam masyarakat yang akan memberikan makna langsung bagi peserta didik. Pembangunan masyarakat bagi anak usia dini adalah keterlibatan langsung anak pada kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dibawah kerjasama antara guru dengan masyarakat secara berkesinambungan.
 
Publisher Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
 
Date 2019-10-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/334
10.31538/aulada.v1i2.334
 
Source Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak; Vol 1 No 2 (2019): PIAUD; 12-23
2656-1638
10.31538/aulada.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/334/290
 
Rights Copyright (c) 2019 AULADA: JURNAL PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGAN ANAK