Record Details

Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini

Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini
 
Creator Khoiriyati, Salis
Saripah, Saripah
 
Description Anak usia dini memiliki potensi perkembangan kognitif yang sangat pesat pada 4 tahun  pertama kehidupannya. Perubahan teknologi yang sangat pesat memudahkan segalanya, terutama pada penyediaan sarana untuk mengoptimalisasi perkembangan kognitif anak usia dini yang berupa YouTube. Jurnal ini dibuat untuk mengetahui dan memahami bahwa media sosial yang berupa YouTube dapat mengoptimalkan perkembangan kognitif pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data ini dihasilkan dari pengamatan pada lingkungan sekitar dan pengalaman yang terjadi pada keluarga dalam penggunaan YouTube. Hasil ini menunjukkan bahwa Pemberian stimulasi berupa YouTube pada anak usia dini dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi, rasa ingin tahu, daya ingat, imajinasi, kreativitas, dan bahasa pada anak usia dini. Untuk itu, media sosial yang berupa YouTube dapat dinyatakan sebagai bentuk stimulus dalam mengoptimalisasikan perkembangan kognitif pada anak usia dini.
 
Publisher Prodi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
 
Date 2018-12-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/209
10.31538/aulada.v1i1.209
 
Source Aulada : Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak; Vol 1 No 1 (2018): Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini; 49-60
2656-1638
10.31538/aulada.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/209/139