Record Details

Identifikasi Persepsi Guru Swasta Dalam Memilih Profesi Guru: Studi Kasus Di SMA Swasta Kota Malang

Education and Human Development Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Identifikasi Persepsi Guru Swasta Dalam Memilih Profesi Guru: Studi Kasus Di SMA Swasta Kota Malang
 
Creator Emynorane, Ralaivao Hanginiaina
 
Subject Persepsi, profesi guru, harapan guru, guru honorer
 
Description Memilih profesi merupakan keputusan yang paling sulit dan kompleks dihadapi semua orang dalam kehidupan dan bukan semua orang bisa berhasil untuk memilih profesi yang tepat. Kesalahan dalam memilih profesi bukan hanya mempengaruhi kehidupan profesional tetapi dapat juga menyebabkan hambatan bagi kehidupan pribadi. Oleh karena itu diperlukan rencana yang matang sebelum memilih profesi. Penelitian ini melibatkan 16 guru dari SMA Swasta di Kota Malang dengan tujuan untuk mengidentifikasi alasan mereka dalam memilih profesi guru dan harapan mereka setelah menjadi guru. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data meliputi observasi lapangan dan wawancara mendalam. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, alasan guru untuk memilih profesi mengajar adalah: (1) passion untuk mengajar, (2) senang berinteraksi dengan anak-anak, (3) banyak jumlah pekerjaan yang tersedia dalam sistem pendidikan, (4) renumerasi, gaji dan tunjangan, (5) status sosial guru di depan masyarakat, (6) saran dari keluarga, (7) alumni sekolah, (8) profesi guru adalah karir jangka panjang dan solusi jangka pendek, (9) mencari pengalaman, dan (10) kesempatan belajar. Sedangkan harapan guru dari SMA Swasta di Kota Malang adalah: (1) memiliki standar hidup yang cukup, (2) dukungan fasilitas pembalajaran yang lengkap, dan (3) dukungan fasilitas studi lanjut.
 
Publisher Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
 
Date 2019-10-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1208
10.33086/ehdj.v4i2.1208
 
Source Education and Human Development Journal; Vol. 4 No. 2 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 33-42
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 4 No 2 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 33-42
2599-0292
2541-0156
10.33086/ehdj.v4i2
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1208/947
 
Rights Copyright (c) 2019 Ralaivao Hanginiaina Emynorane
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0