Identifikasi Persepsi Guru Swasta Dalam Memilih Profesi Guru: Studi Kasus Di SMA Swasta Kota Malang
Education and Human Development Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Identifikasi Persepsi Guru Swasta Dalam Memilih Profesi Guru: Studi Kasus Di SMA Swasta Kota Malang
|
|
Creator |
Emynorane, Ralaivao Hanginiaina
|
|
Subject |
Persepsi, profesi guru, harapan guru, guru honorer
|
|
Description |
Memilih profesi merupakan keputusan yang paling sulit dan kompleks dihadapi semua orang dalam kehidupan dan bukan semua orang bisa berhasil untuk memilih profesi yang tepat. Kesalahan dalam memilih profesi bukan hanya mempengaruhi kehidupan profesional tetapi dapat juga menyebabkan hambatan bagi kehidupan pribadi. Oleh karena itu diperlukan rencana yang matang sebelum memilih profesi. Penelitian ini melibatkan 16 guru dari SMA Swasta di Kota Malang dengan tujuan untuk mengidentifikasi alasan mereka dalam memilih profesi guru dan harapan mereka setelah menjadi guru. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data meliputi observasi lapangan dan wawancara mendalam. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, alasan guru untuk memilih profesi mengajar adalah: (1) passion untuk mengajar, (2) senang berinteraksi dengan anak-anak, (3) banyak jumlah pekerjaan yang tersedia dalam sistem pendidikan, (4) renumerasi, gaji dan tunjangan, (5) status sosial guru di depan masyarakat, (6) saran dari keluarga, (7) alumni sekolah, (8) profesi guru adalah karir jangka panjang dan solusi jangka pendek, (9) mencari pengalaman, dan (10) kesempatan belajar. Sedangkan harapan guru dari SMA Swasta di Kota Malang adalah: (1) memiliki standar hidup yang cukup, (2) dukungan fasilitas pembalajaran yang lengkap, dan (3) dukungan fasilitas studi lanjut.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2019-10-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1208
10.33086/ehdj.v4i2.1208 |
|
Source |
Education and Human Development Journal; Vol. 4 No. 2 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 33-42
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 4 No 2 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 33-42 2599-0292 2541-0156 10.33086/ehdj.v4i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1208/947
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Ralaivao Hanginiaina Emynorane
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|