Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di SDN Margorejo VI/524 dan SDN Baratajaya
Education and Human Development Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di SDN Margorejo VI/524 dan SDN Baratajaya
|
|
Creator |
Rohmi, Fauriza
Nafiah, Nafiah |
|
Subject |
guru, supervisi akademik, dan kompetensi pedagogik.
|
|
Description |
The Effect of Academic Supervision to Improve Pedagogy Competency of Teacher of Margorejo VI/524 Elementary School and Baratajaya Elementary School of Surabaya. The headmaster is fully responsible for organizing education with teachers as class teachers. Teachers are required to master four competencies, one of which is pedagogical competence. However, not all teachers master these competencies, so it is the responsibility of the headmaster to conduct academic supervision. The activity is carried out in the form of class meetings / visits. Therefore, teachers can improve their pedagogical competencies. Researchers are interested in conducting research that aims to analyze the existence of academic supervision in SDN Margorejo VI / 524 and SDN Baratajaya Surabaya. Both schools are located in Surabaya. In addition, the study was conducted also, with the aim to examine the effect of the implementation of academic supervision on the pedagogical competence of teachers by using descriptive quantitative research methods and Spearman rank correlation with ordinal scale data. The population of the two schools is 102 respondents. Sample is 81 respondents with an error level of 0.05. Observation with a questionnaire that has proven as valid and reliable. The analysis by using SPSS 21. The study used two data analysis techniques, namely descriptive analysis and Spearman rank correlation analysis. The results showed that the two schools had carried out academic supervision activities to improve teacher pedagogical competence. The results obtained were 0.608 which means that the category is very good and good and classified as moderate correlation, with a significant correlation value of 0,000 <0.05. So the hypothesis in this study that H1 is accepted and H0 is rejected.
Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sdn Margorejo Vi/524 Dan Sdn Baratajaya Surabaya. Kepala sekolah bertanggung jawab penuh dalam penyelenggaraan pendidikan bersama para guru sebagai pengajar di kelas. Dalam proses tersebut, guru dituntut mampu menguasai empat kompetensi yang salah satunya yakni kompetensi pedagogik. Kompetensi tersebut bertujuan untuk mewujudkan suatu pembelajaran yang mendidik bagi peserta didik. Namun, tidak semua guru menguasai kompetensi tersebut, sehingga hal itu menjadi tanggung jawab kepala sekolah dalam mengadakan kegiatan supervisi akademik. Kegiatan tersebut dilakukan oleh kepala sekolah dengan memberi pembinaan, berupa rapat/kunjungan kelas. Dengan begitu, guru bisa meningkatkan kompetensi pedagogik yang dimiliki. Kegiatan tersebut dapat memperbaiki permasalahan dalam proses pembelajaran. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis adanya keterlaksanaan supervisi akademik di SDN Margorejo VI/524 dan SDN Baratajaya Surabaya. Kedua sekolah tersebut bertempat di Surabaya. Selain itu, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menguji adanya pengaruh keterlaksanaan supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dan korelasi rank spearman dengan data skala ordinal. Populasi dari dua sekolah yaitu 102 responden, sampel sebanyak 81 responden dengan taraf kesalahan 0,05. Observasi dengan angket yang sudah teruji valid dan reliabelnya. Hasil analisa diperoleh dengan menggunakan SPSS 21 for Windows 2007. Penelitian menggunakan dua teknik analisis data, yakni analisis deskriptif dan analisis korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua sekolah tersebut telah melaksanakan kegiatan supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Hasil yang diperoleh sebesar 0,608 yang artinya berkategori sangat baik dan baik dan tergolong korelasi sedang, dengan nilai signifikan korelasinya sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis pada penelitian ini yakni H1 diterima dan H0 di tolak. |
|
Publisher |
Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2019-10-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1167
10.33086/ehdj.v4i2.1167 |
|
Source |
Education and Human Development Journal; Vol. 4 No. 2 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 71-77
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 4 No 2 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 71-77 2599-0292 2541-0156 10.33086/ehdj.v4i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1167/949
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Fauriza Rohmi, Nafiah Nafiah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|