Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis
Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis
|
|
Creator |
Aprilianto, Andika
Arif, Muhammad |
|
Description |
Pendidikan multikultural dapat dikatakan sebagai respon terhadap fenomena budaya, sosial, dan konflik etnis yang muncul di tengah masyarakat yang berlandaskan multikultural. Multikulturalisme merupakan sebuah pemahaman yang menerima adanya masyarakat majemuk sehingga menghindari konflik horizontal yang ada dalam masyarakat. Konteks pendidikan multikultural hanya menanamkan tata tertib kehidupan seperti menghormati, berkasih sayang, tulus, serta bertoleran terhadap keanekaragaman budaya yang hidup ditengah masyarakat plural. Tujuan utama dari pendidikan multikultural ialah memproduksi generasi-generasi umat yang memiliki ilmu, keterampilan serta mampu menerapkan kehidupan bersama dalam masyarakat sebagai ummat yang terbaik/khoiru ummah
|
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Islam Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
|
|
Date |
2019-08-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/339
10.31538/nzh.v2i2.339 |
|
Source |
Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2 No 2 (2019): Pendidikan Islam; 279-289
2614-8013 10.31538/nzh.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/339/271
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|