Record Details

Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis

Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis
 
Creator Aprilianto, Andika
Arif, Muhammad
 
Description Pendidikan multikultural dapat dikatakan sebagai respon terhadap fenomena budaya, sosial, dan konflik etnis yang muncul di tengah masyarakat yang berlandaskan multikultural. Multikulturalisme merupakan sebuah pemahaman yang menerima adanya masyarakat majemuk sehingga menghindari konflik horizontal yang ada dalam masyarakat. Konteks pendidikan multikultural hanya menanamkan tata tertib kehidupan seperti menghormati, berkasih sayang, tulus, serta bertoleran terhadap keanekaragaman budaya yang hidup ditengah masyarakat plural. Tujuan utama dari pendidikan multikultural ialah memproduksi generasi-generasi umat yang memiliki ilmu, keterampilan serta mampu menerapkan kehidupan bersama dalam masyarakat sebagai ummat yang terbaik/khoiru ummah
 
Publisher Program Studi Pendidikan Islam Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
 
Date 2019-08-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/339
10.31538/nzh.v2i2.339
 
Source Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2 No 2 (2019): Pendidikan Islam; 279-289
2614-8013
10.31538/nzh.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/339/271
 
Rights Copyright (c) 2019 Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0