Record Details

Perencanaan Strategi Berbasis Nilai di Lembaga Pendidikan Tinggi

Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perencanaan Strategi Berbasis Nilai di Lembaga Pendidikan Tinggi
 
Creator Adhim, Fauzan
Hakim, Muhammad Nur
 
Description Salah satu penyebab optimalisasi pengembangan lembaga pendidikan adalah strategic Planning. Proses ini mengawali seluruh rangkaian aksi pembentukan dan mengembagan organisasi. Cita-cita, tujuan dan garis-garis besar pengembangan organisasi menjadi produk utama dari perencanaan strategi. Proses ini dilakukan untuk memberikan gambaran masa depan organisasi dengan memperhitungkan kondisi masa kini.  Dalam diskursus manajemen strategi, proses ini istilahkan dengan formulasi strategi.  Secara fungsional, formulasi strategi dapat menjadi branding institution yang pada saatnya akan menjadi daya tarik dan perangkat utama dalam memenangkan persaingan secara lebih terukur.
Penggunaan  strategic planning dalam pengelolaan lembaga pendidikan masih cenderung sebatas fungsi administratif dan tidak menjadi pedoman implementasi organisasi. Hal ini disebabkan oleh paradigma bahwa secara teori, manajemen strategi jauh dari nilai-nilai yang di anut dalam lembaga pendidikan. Dimana, lembaga pendidikan merupakan organisasi yang memiliki falsafah yang berbeda dengan industri. Atas dasar inilah, konstruksi perencanaan strategi dalam lembaga pendidikan perlu diliputi dan di warnai nilai-nilai yang relevan dengan konteks pendidikan.
Penelitian ini secara spesifik dilakukan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana lembaga pendidikan dikelola dengan nilai dan prinsip-prinsip yang berbasis pada kearifan institusional. Dimana, penelitian dilakukan di dua universitas yang sama-sama memiliki basis nilai yang berbeda. Namun demikian, secara proses masih memiliki titik kesamaan. Titik kesamaan inilah yang diabstraksikan menjadik prinsip dan nilai-nilai yang dapat dianut oleh seluruh lembaga yang hendak mengembangkan pendidikan berbasis nilai.
Dalam penelitian ini dihasilkan sebuah temuan bahwa, formulasi strategi atau perencanaan strategi memiliki tiga proses, yaitu Analisis eksternal-internal dan analisis sumber-sumber ideologi, Penetapan Visi-misi dan Kebijakan Strategi. Masing-masing proses dan tahapan tersebut memiliki tata nilai yang harus di atas dan menjadi pedoman pengembangan lembaga. Penelitian ini juga menemukan tata nilai yang secara filosofis menjadi dasar pengembangan, tetapi selain itu juga terdapat beberapa nilai terapan yang secara teknis dalam mengilhami proses perencanaan strategi.
 
Publisher Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
 
Date 2020-02-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/548
10.31538/ndh.v4i2.548
 
Source Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 4 No 2 (2019): Manajemen Pendidikan; 259-279
2503-1481
10.31538/ndh.v4i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/548/409
 
Rights Copyright (c) 2019 Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0