Record Details

Pemanfaatan Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Literasi Sains Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta)

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemanfaatan Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Literasi Sains Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta)
 
Creator Santy Dinar Permata
Tri Wardati Khusniyah
 
Subject literasi sains, sumber belajar, studi kasus
 
Description Budaya literasi merupakan salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh masyarakat saat ini guna menghadapi tantangan kemajuan teknologi industri yang pesat. Pemerintah Indonesia menciptakan program Gerakan Literasi Sekolah pada semua jenjang pendidikan tak terkecuali sekolah dasar. Dalam pelaksanaan GLS memerlukan sumber belajar yang tepat guna mengoptimalkan peningkatan kemampuan literasi siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui sumber belajar yang digunakan pada sekolah dasar di Kecamatan Tegalrejo, Yogyakarta untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang melibatkan guru dan siswa di kelas V SD Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Data dianalisis menggunakan teknik analisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan sekolah menggunakan ragam sumber belajar dalam kegiatan GLS yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2022-01-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/431
10.37471/jpm.v7i2.431
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 7 No 2 (2022): Edisi Januari; 75-81
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v7i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/431/197
 
Rights Copyright (c) 2022 Santy Dinar Permata