Pemanfaatan Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Literasi Sains Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta)
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pemanfaatan Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Literasi Sains Sekolah Dasar (Studi Kasus di Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta)
|
|
Creator |
Santy Dinar Permata
Tri Wardati Khusniyah |
|
Subject |
literasi sains, sumber belajar, studi kasus
|
|
Description |
Budaya literasi merupakan salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh masyarakat saat ini guna menghadapi tantangan kemajuan teknologi industri yang pesat. Pemerintah Indonesia menciptakan program Gerakan Literasi Sekolah pada semua jenjang pendidikan tak terkecuali sekolah dasar. Dalam pelaksanaan GLS memerlukan sumber belajar yang tepat guna mengoptimalkan peningkatan kemampuan literasi siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui sumber belajar yang digunakan pada sekolah dasar di Kecamatan Tegalrejo, Yogyakarta untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang melibatkan guru dan siswa di kelas V SD Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Data dianalisis menggunakan teknik analisis secara interaktif. Hasil penelitian menunjukkan sekolah menggunakan ragam sumber belajar dalam kegiatan GLS yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2022-01-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/431
10.37471/jpm.v7i2.431 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 7 No 2 (2022): Edisi Januari; 75-81
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v7i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/431/197
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Santy Dinar Permata
|
|