Record Details

Peran Penjas Dalam Implementasi Program Full Day School (FDS) Dilihat Dari Tingkat Kehadiran dan Prestasi Belajar Siswa

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peran Penjas Dalam Implementasi Program Full Day School (FDS) Dilihat Dari Tingkat Kehadiran dan Prestasi Belajar Siswa
 
Creator Santoso, Januar
Julianur
Bayu Utomo, Andy Widhiya
 
Subject Full Day School, Kebugaran Jasmani, Penjas, Prestasi Belajar
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peranan mata pelajaran penjas terhadap implementasi program full FDS terkait tingkat kebugaran jasmani yang berpengaruh terhadap kesehatan, tingkat kehadiran siswa, dan prestasi belajar. Hasil penelitian setelah melewati analisis data menggunakan rumus produk momen menunjukkan beberapa poin penting bahwa: (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan tingkat kehadiran siswa dengan ????ℎ???????????????????? (0,424) > ????????????????????????(0,312); (2) Tingkat kehadiran signifikan mempengaruhi prestasi akademik dengan hasil perhitungan ????ℎ????????????????????(0,350) > ????????????????????????(0,312).  Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kebugaran jasmani anak umur 10-12 tahun di SDM 4 Terpadu pada kategori “KURANG”. Kebugaran jasmani memberikan konstribusi positif terhadap tingkat kehadiran siswa dan  kelancaran program FDS, kemudian tingkat kehadiran siswa berkorelasi positif terhadap prestasi akademik. Pencapaian prestasi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor internal maupun eksternal seperti kondisi kesehatan siswa, kemampuan kognitif, motivasi, fasilitas, metode pembelajaran dan manajemen waktu bermain serta belajar.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2022-01-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/384
10.37471/jpm.v7i2.384
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 7 No 2 (2022): Edisi Januari; 60-66
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v7i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/384/198
 
Rights Copyright (c) 2022 Januar Abdilah Santoso