Record Details

Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif
 
Creator Imron, Fatkhul
Santosa, Teguh
Winda Ayu Cahya Fitriani
 
Subject Pembelajaran, Daring, Persepsi
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa ditinjau dari aspek pengalaman belajar mahasiswa, kapabilitas dosen, dan sarana prasarana terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif di Program Studi PKO UTP”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ditinjau dari aspek kapabilitas dosen, menunjukkan persepsi positif mahasiswa selama perkuliahan daring. Hal ini dikarenakan dosen menggunakan beberapa aplikasi pembelajaran seperti Edmodo, Zoom, Google Meet, dan Youtube dalam perkuliahan sehingga mahasiswa tidak mengalami kebosanan dalam belajar, materi dapat disampaikan secara detail dan mendalam sehingga terjadi diskusi interaktif di dalam kelas. Pada aspek pengalaman belajar, mahasiswa memberikan persepsi negatif karena kurangnya pemahaman materi dan tidak adanya buku ajar yang dimiliki. Selain itu, mahasiswa mengalami stress dengan banyaknya tugas yang diberikan oleh dosen. Pada aspek sarana prasarana, mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring dikarenakan kurangnya kuota, lemahnya sinyal, dan terbatasnya perangkat elektronik yang sesuai dengan standar belajar daring.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2022-01-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/342
10.37471/jpm.v7i2.342
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 7 No 2 (2022): Edisi Januari; 33-41
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v7i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/342/201
 
Rights Copyright (c) 2022 Fatkhul Imron