Analisis Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Kritis Mahasiswa
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Kritis Mahasiswa
|
|
Creator |
Susdarwati
|
|
Subject |
problem based learning, kemampuan kritis, mahasiswa
|
|
Description |
Program Studi Pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi mewajibkan tenaga pengajar untuk menerapkan model pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa salah satunya adalah Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan kritis mahasiswa; 2) mendeskripsikan proses pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan kritis mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Sampel yang digunakan adalah kelas A02 Semester 4 STKIP Modern Ngawi yang berjumlah 18 mahasiswa dengan rincian laki-laki berjumlah 5 dan perempuan berjumlah 13 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis data kualitatif yang mengikuti konsep Miles dan Huberman yaitu dengan alur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dianalisis dari penyusunan RPP sudah baik sekali, hal ini ditunjukkan dalam RPP sudah terlengkapi dengan PBL antara lain tujuan pembelajaran, mengembangkan kegiatan pembelajaran, penjabaran jenis penilaian, menentukan alokasi waktu, dan menentukan sumber belajar; dan 2) Proses pembelajaran sudah baik, hal ini ditunjukkan dengan a) sintaks pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terlaksana dengan baik, b) kemampuan berpikir kritis mahasiswa meliputi elementary clarification, basic support, dan inference dalam kategori cukup.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2021-05-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/266
10.37471/jpm.v6i03.266 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 6 No 3 (2021): Edisi Mei; 141-153
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v6i03 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/266/141
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Susdarwati
|
|