Record Details

Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V
 
Creator Prima Rias Wana
 
Subject Media
teka-teki silang
(TTS)
hasil belajar
pembelajaran
 
Description Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Karangbanyu 03 Widodaren, memiliki tujuan agar mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa sesudah diberi perlakuan (treatment) pada saat post-test dan sebelum diberi perlakuan (treatment). Banyak hal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa salah satunya adalah penggunaan media Teka-Teki Silang (TTS).Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif eksperimen semu serta menggunakan desain Quasy Eksperimen , bentuk desain Quasy Eksperimen yang gunakan adalah Nonequivalent Control Group. Selanjutnya menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5A menjadi eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas VC menjadi kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa. Data dari hasil belajar siswa diperoleh post-test berbentuk pilihan ganda. Penelitian ini menunjukkan hasil  perbedaan dari data hasil belajar sebesar 75,51 untuk kelas eksperimen, dan 66,44 untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media Teka-Teki Silang (TTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Teka-Teki Silang (TTS) dapat dijadikan sebagai alternatif media belajar siswa pada terutama mata pelajaran IPS.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-01-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/207
10.37471/jpm.v6i2.207
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 6 No 2 (2021): Edisi Januari; 100-107
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v6i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/207/120
 
Rights Copyright (c) 2021 Prima Rias Wana