Efek Implementasi Tgfu (Teaching Game For Understanding) Terhadap Peningkatan Keterampilan Bermain Bolavoli
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Efek Implementasi Tgfu (Teaching Game For Understanding) Terhadap Peningkatan Keterampilan Bermain Bolavoli
|
|
Creator |
Prayoga, Aba Sandi
Kustiawan, Andri Arif |
|
Subject |
penerapan TGfU
keterampilan bermain bolavoli |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1. Keefektifan aplikasi implementasi Teaching Game for Understanding (TGfU) dalam mengajarkan keterampilan bermain bolavoli. 2. Membandingkan implementasi Teaching Game for Understanding (TGfU) dengan pembelajaran Konvensional terhadap peningkatan keterampilan bermain bolavoli pada siswa kelas X SMK Modern Ngawi. Penelitiani ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (PEK). Penelitian dilaksanakan dengan desain Pretest-Postesti NonEquivalent Control Group. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Modern Ngawi yang berjumlah 40 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok kontrol sebanyak 20 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes keterampilan bolavoli Strand and Wilson. (1993: 136-141), tes membuat keputusan taktik dan pelaksanaan keterampilan yaitu dengani GPAI (Game Performance Assesment Instrument) dan lembar observasi atau lembar pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Dari analisis perbandingan ketuntasan belajar untuk hasil skor posttest dalam kelompok eksperimen ada 18 siswa yang tuntas, sedangkan dalam kelompok kontrol hanya ada 14 siswa dari 20 siswa. Dengan demikian maka TGfU efektif untuk membelajarkan keterampilan bermain bolavoli. Dari segi produk, atau peningkatan keterampilan bermain bolavoli juga menunjukan bahwa pembelajaran bolavoli dengan penerapan TGfU lebih baik dari pada secara konvensional. Berdasarkan hasil uji kesamaan dan uji kesejajaran ternyata dua model regresi linier tidak sama, namun sejajar. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil peningkatan keterampilan bermain bolavoli antara pendekatan TGfU dengan pendekatan konvensional. Dari ratarata hasil tes akhir siswa yang belajar dengan pendekatan TGfU adalah 163 sedangkan rata-rata test akhir siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional adalah 159. Hal ini menunjukkan bahwa hasil peningkatan keterampilan bermain bolavoli dengan pendekatan TGfU lebih baik dibanding pendekatan konvensional.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2020-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/124
10.37471/jpm.v6i1.124 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 6 No 1 (2020): Edisi September; 47-54
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v6i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/124/83
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Modern
|
|