Record Details

Analisis Model Pembelajaran SQ3R Dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa SD

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Model Pembelajaran SQ3R Dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa SD
 
Creator Yesika, Dwi Hilana
Pribowo, Fitroh Setyo Putro
Afiani, Kunti Dian Ayu
 
Subject Survey
Question
Read, Recite, Review (SQ3R)
membaca pemahaman
Meta analisis
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) guna meningkatan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode meta analisis. Penelitian ini diawali dengan merumuskan masalah penelitian, mencari data atau jurnal yang relevan untuk dilakukan analisis. Dari penelusuran diperoleh hasil data penelitian 10 artikel yang relevan. Yaitu 8 artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan 2 artikel kuantitatif (eksperimen). Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diperoleh hasil rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 87,71 %. Sedangkan pada penelitian kuantitatif (eksperimen) didapatkan hasil bahwa SQ3R berpengaruh terhadap membaca pemahaman siswa dibuktikan dengan hasil uji t kedua penelitian dengan skor t1 = 2,212, t2 = 6, 29 dengan diperoleh rata-rata 4,251 sehingga disimpulkan bahwa nilai t hitung > t tabel. Jadi dapat disimpulkan pemakaian model pembelajaran SQ3R berhasil meningkatkan belajar siswa.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2020-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/122
10.37471/jpm.v6i1.122
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 6 No 1 (2020): Edisi September; 36-46
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v6i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/122/81
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Modern