Analisis Model Pembelajaran SQ3R Dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa SD
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Model Pembelajaran SQ3R Dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa SD
|
|
Creator |
Yesika, Dwi Hilana
Pribowo, Fitroh Setyo Putro Afiani, Kunti Dian Ayu |
|
Subject |
Survey
Question Read, Recite, Review (SQ3R) membaca pemahaman Meta analisis |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) guna meningkatan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode meta analisis. Penelitian ini diawali dengan merumuskan masalah penelitian, mencari data atau jurnal yang relevan untuk dilakukan analisis. Dari penelusuran diperoleh hasil data penelitian 10 artikel yang relevan. Yaitu 8 artikel Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan 2 artikel kuantitatif (eksperimen). Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diperoleh hasil rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 87,71 %. Sedangkan pada penelitian kuantitatif (eksperimen) didapatkan hasil bahwa SQ3R berpengaruh terhadap membaca pemahaman siswa dibuktikan dengan hasil uji t kedua penelitian dengan skor t1 = 2,212, t2 = 6, 29 dengan diperoleh rata-rata 4,251 sehingga disimpulkan bahwa nilai t hitung > t tabel. Jadi dapat disimpulkan pemakaian model pembelajaran SQ3R berhasil meningkatkan belajar siswa.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2020-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/122
10.37471/jpm.v6i1.122 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 6 No 1 (2020): Edisi September; 36-46
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v6i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/122/81
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Modern
|
|