Record Details

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Dengan Media Proyeksi LCD Pada Keterampilan Mendengarkan

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Cooperative Learning Dengan Media Proyeksi LCD Pada Keterampilan Mendengarkan
 
Creator Sulistiyani, R Wiwik
 
Subject Hasil belajar
Model Cooperative Learning
Media Proyeksi LCD
Keterampilan Mendengarkan
 
Description Setelah diadakan observasi di kelas V SDN Karangtengah 4 ditemukan permasalahan hasil ulangan formatif mata pelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan mendengarkan masih ada 50 % siswa yang nilainya di bawah KKM yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis cara meningkatkan hasil belajar kelas V SDN Karangtengah 4 pada keterampilan mendengarkan melalui model cooperative learning dengan media proyeksi LCD. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Karangtengah 4 Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Dengan sasaran mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rencana perbaikan pembelajaran ini menggunakan PTK. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa kelas V SDN Karangtengah 4 setelah diterapkan model cooperative learning dan media proyeksi LCD dalam pembelajaran, dari pra siklus yang mendapat 50 % kemudian siklus 1  73 % lalu siklus 2 100 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning dan media proyeksi LCD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Karangtengah 4 Kecamatan Ngawi pada keterampilan mendengarkan.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2020-09-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/119
10.37471/jpm.v6i1.119
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 6 No 1 (2020): Edisi September; 22-35
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v6i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/119/80
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Modern