Pengaruh Penggunaan Pendekatan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Penggunaan Pendekatan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Indonesia
|
|
Creator |
Afifah, Uci Ulfa Nur
|
|
Subject |
Model Pembelajaran Team Games Tournament
Kemampuan Menyusun Kalimat |
|
Description |
Keberhasilan pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan di kelas dapat diindikasikan dari model pembelajaran tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa untuk mampu mengidentifikasi permasalahan, mencari pemecahan, menyimpulkan hasil serta mempresentasikannya sehingga mencapai prestasi belajar yang maksimal adalah model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan menyusun kalimat Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Al- Azhar Kedunggalar. Penelitian dilaksanakan di SD Al-Azhar Kedunggalar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi yang menjadi sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Al-Azhar Kedunggalar yang berjumlah 32 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Quantum Sample. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa uji, yang meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan tingkat menyusun kalimat dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) kelas V SD Al-Azhar Kedunggalar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian tersebut, peneliti menyampaikan saran kepada siswa agar mempertahankan dan meningkatkan prestasi belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan memanfaatkan dan memaksimalkan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia selanjutnya. Hendaknya kepala sekolah mampu berkoordinasi dengan guru agar berbagai permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah bisa segera teratasi.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2020-09-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/115
10.37471/jpm.v6i1.115 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 6 No 1 (2020): Edisi September; 1-12
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v6i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/115/78
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Modern
|
|