Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V
 
Creator Khasanah, Nurul
Supriyanto, Djoko Hari
Susanto, Sofyan
 
Subject Cooperative Integrated Reading and Composition
Soal Cerita
Matematika
 
Description Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatigembol 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Pelanglor 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing kelas adalah 12 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan tes, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas menggunakan Microsoft Excel, uji reliabilitas menggunakan Microsoft Excel, uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov pada SPSS 16, uji homogenitas menggunakan ANOVA pada SPSS 16 dan uji hipotesis menggunakan uji independent t-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas V, dimana dari analisis uji t-tes diperoleh hasil thitung < ttabel (0,027 < 0,05)  ini berarti sesuai dengan dasar pengambilan keputusan yaitu jika nilai signifikansi atau sig.(2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut dilihat dari nilai pretest dan posttest kedua kelas yaitu nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Alasan utama yang menjadikan penelitian ini berhasil adalah  dengan diterapkannya model CIRC pada kelas eksperimen tingkat kemampuan dan pemahaman siswa untuk menyelesaikan soal cerita lebih baik.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2020-02-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/74
10.37471/jpm.v5i2.74
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 5 No 2 (2020): Edisi Januari; 48-56
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v5i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/74/54
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Modern