Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V
|
|
Creator |
Khasanah, Nurul
Supriyanto, Djoko Hari Susanto, Sofyan |
|
Subject |
Cooperative Integrated Reading and Composition
Soal Cerita Matematika |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatigembol 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN Pelanglor 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing kelas adalah 12 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan tes, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas menggunakan Microsoft Excel, uji reliabilitas menggunakan Microsoft Excel, uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov pada SPSS 16, uji homogenitas menggunakan ANOVA pada SPSS 16 dan uji hipotesis menggunakan uji independent t-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas V, dimana dari analisis uji t-tes diperoleh hasil thitung < ttabel (0,027 < 0,05) ini berarti sesuai dengan dasar pengambilan keputusan yaitu jika nilai signifikansi atau sig.(2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut dilihat dari nilai pretest dan posttest kedua kelas yaitu nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Alasan utama yang menjadikan penelitian ini berhasil adalah dengan diterapkannya model CIRC pada kelas eksperimen tingkat kemampuan dan pemahaman siswa untuk menyelesaikan soal cerita lebih baik.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2020-02-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/74
10.37471/jpm.v5i2.74 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 5 No 2 (2020): Edisi Januari; 48-56
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/74/54
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Modern
|
|