Record Details

Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas III SD

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas III SD
 
Creator Suwarno
 
Subject Metode Demonstrasi
Membaca Puisi
 
Description Kegiatan pembelajaran membaca puisi yang kurang optimal menyebabkan siswa kesulitan dalam pembacaan puisi dengan penghayatan, lafal, dan intonasi sesuai dengan isi, sehingga kemampuan siswa masih rendah dilihat dari hasil belajarnya. Maka diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode demonstrasi ini merupakan  metode yang menarik bagi siswa karena cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa tentang proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, sehingga dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas III SDN Ngawi Purba 2 Ngawi.
Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Ngawi Purba 2 berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa metode demonstrasi  dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas III SDN Ngawi Purba 2. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya perolehan nilai siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I tingkat ketuntasan siswa mencapai 70,85% yang dinyatakan tuntas sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85,18%. Dengan memberi contoh dan motivasi pada siswa serta menerapkan evaluasi yang tepat, maka metode demonstrasi dapat berjalan dengan baik dan hasil yang memuaskan.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2019-12-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/62
10.37471/jpm.v5i1.62
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 5 No 1 (2019): Edisi September; 1-11
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v5i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/62/48
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern