Record Details

Pemanfaatan Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 4 Barenglor dalam Pembelajaran IPS

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemanfaatan Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN 4 Barenglor dalam Pembelajaran IPS
 
Creator Nela Rofisian
 
Subject Index Card Match
hasil belajar
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakanIndex Card Match dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 4 Barenglor. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis & Taggart.Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulandata yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi. Datayang diperoleh disajikan dalam tabel dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa penerapan Index Card Match dalam pembelajaran IPSdapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 4 Barenglor. Penelitianberlangsung sebanyak dua siklus dan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yangsignifikan. Pada Siklus I dilakukan pembelajaran IPS dengan Index Card Match dengannilai rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 73,21 dengan persentaseketuntasan belajar hanya sebesar 47,92%. meningkat menjadi 78,1 dengan ketuntasanbelajar siswa mencapai 62.5%. Pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar siswameningkat menjadi 81,63 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 91.67%.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2017-09-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/61
10.37471/jpm.v3i1.61
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 1 (2017): Edisi September; 100-108
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v3i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/61/47
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern