Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Sains pada Anak Usia Dini
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Sains pada Anak Usia Dini
|
|
Creator |
Susdarwati
|
|
Subject |
Metode Pembelajaran Demonstrasi
Kemampuan Sains |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains denganmenerapkan metode pembelajaran demonstrasi pada anak usia diniKelompok B di TK Aisyiyah Jogorogo. Penelitian ini merupakanPenelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang digunakan adalahmodel siklus sistem spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilakukan dua siklus dan setiap siklusnyadilaksanakan empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tigakomponen, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi.Subjek penelitian ini adalah 31 anak pada Kelompok B di TK AisyiyahJogorogo, terdiri dari 19 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Metodepengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknikanalisis data dilakukan secara kualitatif. Peningkatan kemampuan sainsdikatakan berhasil apabila 80% dari jumlah anak termasuk dalam kriteriabaik dan sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metodepembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan sains anak.Kemampuan sains anak sebelum dilakukan tindakan tidak ada (0%) anakdengan kriteria baik dan sangat baik. Setelah adanya tindakan padaSiklus I, kemampuan sains anak meningkat sebanyak 17 anak (54,84%)dan pada Siklus II meningkat hingga 28 anak (90,32%) dengan kriteriabaik dan sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakan metodeeksperimen, guru menyiapkan media dan bahan yang akan dipakai dalamdomonstrasi kemudian guru memandu langkah kerja dalam percobaan.Selanjutnya guru memperhatikan dan memberi semangat anak untukmengamati domostrasi dan anak melakukan percobaan sesuai denganyang didemonstrasikan guru.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2017-09-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/53
10.37471/jpm.v3i1.53 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 1 (2017): Edisi September; 54-64
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v3i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/53/42
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|