Record Details

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN BERBAHASA INGGRIS SEDERHANA YANG BERTERIMA MELALUI SISTEM ICARE PADA SISWA

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN BERBAHASA INGGRIS SEDERHANA YANG BERTERIMA MELALUI SISTEM ICARE PADA SISWA
 
Creator Wahjoeni, Minarsih Sri
 
Subject Think, Pair and Share (TPS)
Kemampuan Siswa
Hasil Belajar Siswa
 
Description Pada umumnya siswa kurang mampu mengungkapkan bahasa lisan walaupun mereka telah mengalami pembelajaran dalam beberapa bahasan pada siklus lisan. Hasil dari observasi menunujukkan bahwa masih kurang memuaskan karena masih 40% siswa belum terampil mengungkapkan bahasa inggris secara lisan. Sedangkan 60% lainnya hanya mampu mengungkapkan dengan frekuensi rata-rata dua sampai dengan tiga kalimat saja dan dengan cara menghafalkan tulisan. Inilah fenomena kesulitan yang dialami oleh penulis di dalam membelajarkan siswa di sekolah. Fenomena lain yang terikat di dalam membelajarkan siswa adalah guru belum terbiasa melakukan pembelajaran secara kreatif dan inovatif dengan menggunakan sistem ICARE. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pendekatan kualitatif, sebab penelitian ini dilakukan karena terjadi permasalahan pembelajaran di kelas. Permasalahan ini ditindaklanjuti dengan cara menerapkan sebuah model pembelajaran yang diamati kemudian dianalisis dan direfleksi. Hasil revisi kemudian diterapkan kembali pada siklus-siklus berikutnya. Dari hasil observasi setiap siklusnya tampak adanya peningkatan yang cukup. Pembelajaran yang biasa berpusat pada guru berubah pada siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran cukup memberikan nuansa baru dalam pembelajaran. Kekurangan setiap siklus selalu diperbaiki sehingga meskipun kecil selalu ada peningkatan.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2018-09-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/51
10.37471/jpm.v4i1.51
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 4 No 1 (2018): Edisi September; 29-35
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v4i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/51/40
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern