Record Details

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA
 
Creator Robiah, Umi
 
Subject Think, Pair and Share (TPS)
Kemampuan Siswa
Hasil Belajar Siswa
 
Description Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan pembelajaran Kooperatif tipe Think, Pair, and Share (TPS) yang dapat meningkatkan pemahaman belajar IPA dalam mengidentifikasi sifat-sifat benda padat, cair, dan gas kelas III SDN Ngrambe 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas dipilih karena masalah yang akan dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran dan meningkatkan kemampuan siswa. Penelitian ini menghasilkan nilai observasi yang meningkat dari siklus I adalah 53 menjadi 70 di siklus II. Hal ini disebabkan pada siklus II siswa sudah tidak ragu untuk mengeluarkan ide-idenya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Serta pemahaman terhadap materi sifat-sifat benda padat, cair, dan gas sudah tertanam dalam diri siswa sehingga ketika diberikan masalah siswa mampu menyelesaikannya. Melihat peningkatan poin terhadap aktifitas siswa yang ditargetkan peneliti adalah 70 poin. Hal ini berarti penelitian yang dilakukan berhasil, nilai yang didapat sesuai target yang peneliti tetapkan. Dari hasil-hasil pengamatan maka pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, and Share mampu untuk menanamkan pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, and Share mampu untuk menanamkan konsep IPA dalam siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan, bahwa  pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, and Share pada pokok bahasan sifat-sifat benda dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Negeri Ngrambe 2 Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2018-09-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/48
10.37471/jpm.v4i1.48
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 4 No 1 (2018): Edisi September; 8-15
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v4i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/48/37
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern