Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Wakah
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Wakah
|
|
Creator |
Arum Dwi Rahmawati
Djoko Hari Supriyanto |
|
Subject |
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
Prestasi Belajar |
|
Description |
Rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika merupakanmasalah yang sering muncul dalam pembelajaran matematika.Hal inidikarenakan model pembelajaran yang sering digunakan masih cenderungmonoton dan belum sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pembelajaran denganmodel koopertaif tipe TPS melalui tiga tahapan utama, yaitu tahap pertamathinking (berfikir), tahap kedua pairing (berpasangan), dan tahap ketiga shareing(berbagi). Model pembelajaran kooperatif tipe TPS menuntut siswa untuk lebihaktif dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan juga pasangannya selamaproses belajar mengajar berlangsung. Dengan model pembelajaran inidiharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan penyerapan siswa tentangkonsep matematika, sehingga materi yang disampaikan dapat dikuasai siswadengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasibelajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipeTPS pada siswa kelas IV SDN Wakah 1 Kecamatan Ngrambe tahun pelajaran2017/2018.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatifdengan desain penelitian eksperimen tipe semu. Subyek dari penelitian iniadalah siswa kelas IV SDN Wakah 1 yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 8siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengancara menggunakan tes formatif. Tes formatif dilaksanakan pada akhirpembelajaran yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar matematikasiswa.Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis datastatistik dengan rumus uji t (uji t).Hasil dari penelitian menunjukan perbedaan yang signifikan dengan nilaithitung =2,2994 dan ttabel=1,7011 untuk db 28 dan taraf signifikansi 0,05.Nilai rata-rata siswa setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipeTPS 81,33. Sedangkan nilai rata-rata siswa sebelum diajar dengan modelpembelajaran kooperatif tipe TPS 73.Dengan demikian, penggunaan modelpembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap prestasi belajarmatematika siswa kelas IV SDN Wakah 1 Kecamatan Ngrambe tahun pelajaran2017/2018.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2017-09-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/41
10.37471/jpm.v3i1.41 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 1 (2017): Edisi September; 11-19
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v3i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/41/32
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|