Record Details

Program Pendidikan untuk Mengembangkan Kecerdasan Jamak Anak di TK PGRI I Jogorogo

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Program Pendidikan untuk Mengembangkan Kecerdasan Jamak Anak di TK PGRI I Jogorogo
 
Creator Arwendis Wijayanti
 
Subject Kualitatif
Program Pendidikan
Kecerdasan Jamak
Anak Usia Dini
Usia 4-6 Tahun.
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pendidikan di TK PGRI I Jogorogoyang berupa mengembangkan kecerdasan jamak anak. Model penelitian kualitatiffenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan danstudi dokumentasi oleh Moleong (2004). Wawancara dilakukan dengan teknik ‘fokusgroup interview” dengan para guru dan kepala sekolah. Pengamatan dilakukan denganmengamati proses pembelajaran dan evaluasi dalam kelas. Sedangkan pengkajian kontendilakukan dengan menganalisis pengembangan kecerdasan jamak dalam kurikulum.untuk memperoleh data yang pasti (valid) pengumpulan data dilakukan dengan tekniktriangulasi yaitu dengan menggunakan berbagai sumber dan teknik pengumpulan data.Studi dokumentasi dilakukan untuk mempelajari dan mengumpulkan data daridokumentasi yang berhubungan dengan sub-fokus penelitian yaitu kurikulum, bahanbelajar dan sumber belajar lainnya. Kurikulum 2013 untuk Taman kanak-kanakdanRaudhatul Afthal merupakan sumber utama analisis konten. Sumber lain adalah bahanajar yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran sehari-hari. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa program pendidikan untuk mengembangkan kecerdasan jamaksudah diaplikasikan dalam pembelajaran sehari-hari serta telah melengkapi danmendukung potensi yang sudah tersedia termasuk mengadakan pelatihan, melengkapifasilitas pembelajaran dan menata sentra belajar yang sekarang sedang berjalan.Disarankan agar Para guru dan tenaga kependidikan lainnya di TK harus terusmengimplementasikan pengembangan kecerdasan jamak yang sudah dimulai sambil terusbelajar memperbaiki dari tanpa harus menunggu instruksi dari pemerintah khususnya darikementrian pendidikan dan kebudayaan dalam direktur jenderal Pendidikan Anak UsiaDini dan Pendidikan Masyarakat.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2017-09-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/40
10.37471/jpm.v3i1.40
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 1 (2017): Edisi September; 1-10
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v3i1
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/40/31
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern