Peningkatan Kegiatan Pembelajaran Guru Bahasa Inggris Melalui Supervisi Kelas di SMP Binaan Kabupaten Kampar
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kegiatan Pembelajaran Guru Bahasa Inggris Melalui Supervisi Kelas di SMP Binaan Kabupaten Kampar
|
|
Creator |
Syafruddin
|
|
Subject |
Kegiatan Pembelajaran
Supervisi Kelas |
|
Description |
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untukmeningkatkan kegiatan pembelajaranguru-guru Bahasa Inggris melalui supervisi kelas. Tempat Penelitian tindakan iniadalah SMP Negeri 3 Tapung Hilir Jl. Dt Penghulu Besar No 125 Kota GaroKecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dan SMP Negeri Satu Atap KotoPerambahan Jl.Pekanbaru Bangkinang KM 36 Desa Koto Perambahan KecamatanKampar Provinsi Riau,kedua sekolah tersebut merupakan SMP binaan saya sebagaipengawas sekolah di Kabupaten Kampar.Waktu Penelitian dimulai bulan Septembersampai dengan Nopember 2017.Subjek Penelitian adalah guru-guru Bahasa Inggrisdi SMP Negeri 3 Tapung Hilir dan SMP Negeri Satu Atap Koto Perambahan. Datadari observasi dan catatan lapangan dianalisis secara deskriptif komparatif denganmenggunakan teknik persentase yaitu mengemukakan fakta-fakta dan temuantemuanyang terjadi selama penelitian berlangsung dan membandingkan tingkatkemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran antar siklus maupundengan asumsi keberhasilan.Kegiatan pembelajaran guru-guru mata pelajaran BahasaInggris dinyatakan berhasil apabila indicator kinerja mendapat skor 49 s.d 72 danprosentase 77% s.d 100% dengan kategori amat baik.Prosedur penelitian berdasarkanpada prinsip Kemmis dan Taggart (1988) yang mencakup kegiatan sebagai berikut :(1) perencanaan (planning) ,(2) pelaksanaan tindakan (action), 3) observasi(observation) , (4) refleksi (reflection) atau evaluasi.Keempat kegiatan ini dilakukanberulang-ulang dalam siklus. Hasil Penelitian guru-guru Bahasa Inggris di SMPbinaan peneliti pada pra siklus mendapat skor/prosentase 21/49%, 21/49%, 22/50%,22/50% dari 4 guru dalam kegiatan belajar mengajar mendapat kriteria cukup.Padasiklus I mendapat skor/prosentase 44/72%, 45/73%, 44/72%, 43/71% dari 4 gurudalam kegiatan belajar mengajar mendapat kriteria baik. Pada siklus II mendapatskor/prosentase 66/94%,67/95%, 67/95%, 66/94% dari 4 guru tersebut mendapatkriteria amat baik. Dengan simpulan bahwa supervise kelas dapat meningkatkankegiatan pembelajaran guru-guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Tapung Hilir danSMP Negeri Satu Atap Koto Perambahan.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2018-05-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/38
10.37471/jpm.v3i3.38 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 3 (2018): Edisi Mei; 54-61
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v3i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/38/29
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|