Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Melalui Scientific Approach Siswa Kelas V SDN Lanjuk I Manding Sumenep
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Melalui Scientific Approach Siswa Kelas V SDN Lanjuk I Manding Sumenep
|
|
Creator |
Sama'
|
|
Subject |
Scientific Approah
aktivitas dan hasil belajar IPS pembelajaran IPS |
|
Description |
Penelitian ini di latarbelakngi oleh keterampilan dan kompetensi yang harusdikuasai oleh siswa masih sebatas pada keterampilan berpikir tingkat rendahdan hal itu membuat siswa belum mampu menyelesaikan permasalahan dilingkungan sekitarnya.Sehingga siswa tidak mampu mengembangkanpotensinya. Model, metode dan media pembelajaran yang digunakan gurumasih menggunakan pembelajaran yang terpusat pada guru, yaitu ceramahdan hanya fokus di dalam kelas. Konsep tersebut akan berdampak kepadahasil belajar siswa. Hal itu di buktikan dari observasi awal yang di lakukanoleh peneliti dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 62 yang ditentukan oleh sekolah.dari jumlah seluruh siswa kelas V sebanyak 15 siswa,yang mencapai KKM hanya 5 siswa dengan presentase 33%, sedangkan 10siswa dengan persentase 67% belum mecapai KKM. Tujuan penelitian iniadalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Siswa Kelas VSDN Lanjuk I. yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas V SDN Lanjuk I semester II tahun pelajaran 2017-2018 yangberjumlah 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampaibulan Maret Tahun 2018. Instrumen pengumpulan data adalah lembaraktivitas siswa serta hasil tes belajar siswa. Penelitian ini menyajikan hasilobservasi aktivitas dan hasil tes belajar yang diperoleh dari nilai observasiaktivitas siswa dan tes hasil belajar setiap siklus. aktivitas siswa diperolehskor 27 dengan persentase 56,71%.Siklus I aktivtas siswa rata-rata mencapai60,41%. Hasil belajar mencapai 60% dengan jumlah siswa yang tuntassebanyak 9 orang. Pada siklus II aktivtas siswa rata-rata mencapai 74,26%.Sedangkan hasil belajar mencapai 75 dengan jumlah siswa yang tuntassebanyak 13 orang. Dengan demikian Pendekatan Saintifik dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi Penyelesaian masalahlingkungan sekitar Siswa kelas V SDN Lanjuk I Manding Sumenep.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2018-05-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/37
10.37471/jpm.v3i3.37 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 3 (2018): Edisi Mei; 41-53
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v3i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/37/28
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|