Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Puzzles Picture Game
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Puzzles Picture Game
|
|
Creator |
Jul Trisadnaweka
|
|
Subject |
Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Puzzles Picture Game |
|
Description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA MelaluiPermainan Puzzles Pictured Game.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa KelasVII H SMP Negeri 4 Ngawi Kecamatan Ngawi dengan jumlah siswa 28 orangterdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Data yangdiperoleh dianalisis dan dideskripsikan sesuai permasalahan yang ada dalam bentuklaporan hasil penelitian. Rancangan pembelajaran interaktif dan pemberian tugaskerja kelompok dilakukan validasi oleh guru.Prosedur penelitian ini dilakukanmelalui empat langkah dalam setiap siklus penelitian, yaitu perencanaan (planing),tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection) serta indikatorkerja.Siklus kedua dilakukan mengacu pada siklus sebelumnya denganmenyempurnakan segala kekurangan yang ada pada siklus pertama tersebut.HasilPenelitian pra siklus skor tercapai 67%.nilai terendah 48,nilai tertinggi 76,rentangpersen 6% tuntas 3,tidak tuntas 25.Siklus I skor tercapai 73%.nilai terendah 55,nilaitertinggi 81,rentang persen 9% tuntas 12,tidak tuntas 16.siklus II skor tercapai82%.nilai terendah 62,nilai tertinggi 96,rentang persen 18% tuntas 22,tidak tuntas 6siswa.Kesimpulan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada Kelas VII HSemester II SMP Negeri 4 Ngawi Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi adalahPembelajaran melalui Permainan Puzzles Pictured Game dapat meningkatkan hasilbelajar siswa.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2018-05-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/36
10.37471/jpm.v3i3.36 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 3 (2018): Edisi Mei; 34-40
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v3i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/36/27
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|