Record Details

Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Puzzles Picture Game

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Puzzles Picture Game
 
Creator Jul Trisadnaweka
 
Subject Hasil Belajar
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Puzzles Picture Game
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA MelaluiPermainan Puzzles Pictured Game.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa KelasVII H SMP Negeri 4 Ngawi Kecamatan Ngawi dengan jumlah siswa 28 orangterdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Data yangdiperoleh dianalisis dan dideskripsikan sesuai permasalahan yang ada dalam bentuklaporan hasil penelitian. Rancangan pembelajaran interaktif dan pemberian tugaskerja kelompok dilakukan validasi oleh guru.Prosedur penelitian ini dilakukanmelalui empat langkah dalam setiap siklus penelitian, yaitu perencanaan (planing),tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection) serta indikatorkerja.Siklus kedua dilakukan mengacu pada siklus sebelumnya denganmenyempurnakan segala kekurangan yang ada pada siklus pertama tersebut.HasilPenelitian pra siklus skor tercapai 67%.nilai terendah 48,nilai tertinggi 76,rentangpersen 6% tuntas 3,tidak tuntas 25.Siklus I skor tercapai 73%.nilai terendah 55,nilaitertinggi 81,rentang persen 9% tuntas 12,tidak tuntas 16.siklus II skor tercapai82%.nilai terendah 62,nilai tertinggi 96,rentang persen 18% tuntas 22,tidak tuntas 6siswa.Kesimpulan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada Kelas VII HSemester II SMP Negeri 4 Ngawi Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi adalahPembelajaran melalui Permainan Puzzles Pictured Game dapat meningkatkan hasilbelajar siswa.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2018-05-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/36
10.37471/jpm.v3i3.36
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 3 (2018): Edisi Mei; 34-40
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v3i3
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/36/27
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern