Record Details

Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Supervisi Kelas

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Supervisi Kelas
 
Creator Hasyim
 
Subject Kompetensi guru
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
supervisi kelas
 
Description Tujuan penelitian tindakan ini untuk mengetahui kompetensi guru PendidikanKewarganegaraan (PKn) di SMP Negeri 4 Tapung melalui supervisi kelas. TempatPenelitian di SMP Negeri 4 Tapung Jl. Sekolah No. 01 Pantai Cermin, KabupatenKampar.Dimulai bulan September sampai dengan Nopember 2017.Subjek Penelitianini adalah Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas VIII.2 SMP Negeri 4Tapung. Analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif yang bertujuan untukmembandingkan kondisi sebelum dan sesudah diadakan tindakan perbaikanpembelajaran.Tahapan dalam tindakan menganalisis data meliputi reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Sesuai dengan rancangan penelitian makaprosedur penelitian ini melalui 2 siklus, sebagaimana dijelaskan berikut ini :1. TahapPerencanaan (Planning),2. Tahap Pelakasanaan (Acting),3. Tahap Pengamatan(Observing),4. Tahap Refleksi (reflecting).Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat supervise kelas pada guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan(PKn) diperoleh pada Pra siklus mendapat nilai rata-rata 30 (prosentase 50%) kriteriaCukup,siklus I mendapat nilai rata-rata 55 (prosentase75%) criteria baik,siklus IImeningkat menjadi 75 (prosentase 95%) kriteria sangat baik,siklus II sudah mencapaiindikator yang diharapkan.Dalam hasil penelitian yang telah dilakukan inidisimpulkan bahwa kompetensi guru dalam proses belajar mengajar dengan nilairata-rata pra siklus yaitu sebesar 30 (prosentase 50%) kriteria Cukup dan untuksiklus I sebesar 55 (prosentase 75%) criteria baik. Dan siklus II sebesar 75(prosentase 95%) kriteria sangat baik.Dengan demikian Supervisi kelas dapatmeningkatkan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2018-05-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/35
10.37471/jpm.v3i3.35
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 3 (2018): Edisi Mei; 29-33
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v3i3
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/35/26
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern