Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B
|
|
Creator |
Dita Primashanti Koesmadi
|
|
Subject |
Constructive play
Geometri TK Kelompok B |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh constructive playterhadap kemampuan pengenalan geometri anak Taman Kanak-kanakkelompok B. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasidalam penelitian ini semua kelompok B TK Dharma Wanita di DesaPurwosari Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sampeldalam penelitian ini adalah kelompok B TK Dharma Wanita 1 Purwosaridan kelompok B TK Dharma Wanita 2 Purwosari. Teknik pengambilansample penelitian menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data denganmenggunakan observasi. Analisis data dengan menggunakan uji pairedsample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16 forwindows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruhkegiatan constructive play terhadap kemampuan pengenalan geometri padaanak TK kelompok B, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-testkelompok kontrol sebesar -3,398 ≤ t tabel sebesar 1,761, pada kelompokeksperimen diperoleh t hitung sebesar -17,207 ≤ t tabel sebesar 1,740, danpada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -18,529 ≤ t tabelsebesar 1,697.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2018-05-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/33
10.37471/jpm.v3i3.33 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 3 (2018): Edisi Mei; 9-16
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v3i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/33/24
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|