Record Details

Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Constructive Play Terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri Pada Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B
 
Creator Dita Primashanti Koesmadi
 
Subject Constructive play
Geometri
TK Kelompok B
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh constructive playterhadap kemampuan pengenalan geometri anak Taman Kanak-kanakkelompok B. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasidalam penelitian ini semua kelompok B TK Dharma Wanita di DesaPurwosari Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sampeldalam penelitian ini adalah kelompok B TK Dharma Wanita 1 Purwosaridan kelompok B TK Dharma Wanita 2 Purwosari. Teknik pengambilansample penelitian menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data denganmenggunakan observasi. Analisis data dengan menggunakan uji pairedsample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16 forwindows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruhkegiatan constructive play terhadap kemampuan pengenalan geometri padaanak TK kelompok B, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-testkelompok kontrol sebesar -3,398 ≤ t tabel sebesar 1,761, pada kelompokeksperimen diperoleh t hitung sebesar -17,207 ≤ t tabel sebesar 1,740, danpada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -18,529 ≤ t tabelsebesar 1,697.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2018-05-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/33
10.37471/jpm.v3i3.33
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 3 (2018): Edisi Mei; 9-16
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v3i3
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/33/24
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern