Record Details

Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru-guru Matematika dalam Proses Pembelajaran

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru-guru Matematika dalam Proses Pembelajaran
 
Creator Ali Usman
 
Subject Kinerja Guru
Pembelajaran
Supervisi Akademik
 
Description Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran di SMPNegeri 3 Tambang melalui supervisi akademik. Tempat Penelitian ini adalah SMPNegeri 3 Tambang Alamat : Jl. Tuanku Tambusai No. 30 Desa Kualu,KecamatanTambang Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.Waktu Penelitian dimulai bulanSeptember sampai dengan Nopember 2017.Subjek Penelitian ini adalah lima (5)orang guru Matematika SMP Negeri 3 Tambang.Analisis data yang digunakan hasilprosentase yang didapat tentang Analisis penerapan Supervisi Akademik dalammeningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Tambang.Prosedurpenelitian berdasarkan pada prinsip Kemmis dan Taggart (1988) yang mencakupkegiatan sebagai berikut : (1) perencanaan (planning) , (2) pelaksanaan tindakan(action), 3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection) atau evaluasi. Keempatkegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Hasil penelitian PraSiklus dengan jumlah nilai 21, rata-rata prosentase 49% kualitas nilai Cukup. Siklus Idengan jumlah nilai 44,rata-rata prosentase 72% kualitas nilai Cukup.Siklus IIjumlah nilai 67,rata-rata prosentase 95% kualitas nilai Baik. Dengan Kesimpulankinerja guru dalam proses pembelajaran diSMP Negeri 3 Tambang Desa KualuKecamatan Tambang Kabupaten Kampar, dengan berbagai tahapan supervisiakademik ternyata mampu mengenai permasalahan kinerja guru dalam prosespembelajaran.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2018-05-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/32
10.37471/jpm.v3i3.32
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 3 (2018): Edisi Mei; 1-8
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v3i3
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/32/23
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern