Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru-guru Matematika dalam Proses Pembelajaran
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru-guru Matematika dalam Proses Pembelajaran
|
|
Creator |
Ali Usman
|
|
Subject |
Kinerja Guru
Pembelajaran Supervisi Akademik |
|
Description |
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran di SMPNegeri 3 Tambang melalui supervisi akademik. Tempat Penelitian ini adalah SMPNegeri 3 Tambang Alamat : Jl. Tuanku Tambusai No. 30 Desa Kualu,KecamatanTambang Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.Waktu Penelitian dimulai bulanSeptember sampai dengan Nopember 2017.Subjek Penelitian ini adalah lima (5)orang guru Matematika SMP Negeri 3 Tambang.Analisis data yang digunakan hasilprosentase yang didapat tentang Analisis penerapan Supervisi Akademik dalammeningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di SMP Negeri 3 Tambang.Prosedurpenelitian berdasarkan pada prinsip Kemmis dan Taggart (1988) yang mencakupkegiatan sebagai berikut : (1) perencanaan (planning) , (2) pelaksanaan tindakan(action), 3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection) atau evaluasi. Keempatkegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Hasil penelitian PraSiklus dengan jumlah nilai 21, rata-rata prosentase 49% kualitas nilai Cukup. Siklus Idengan jumlah nilai 44,rata-rata prosentase 72% kualitas nilai Cukup.Siklus IIjumlah nilai 67,rata-rata prosentase 95% kualitas nilai Baik. Dengan Kesimpulankinerja guru dalam proses pembelajaran diSMP Negeri 3 Tambang Desa KualuKecamatan Tambang Kabupaten Kampar, dengan berbagai tahapan supervisiakademik ternyata mampu mengenai permasalahan kinerja guru dalam prosespembelajaran.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2018-05-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/32
10.37471/jpm.v3i3.32 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 3 (2018): Edisi Mei; 1-8
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v3i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/32/23
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|