Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan
|
|
Creator |
Zilmawati
|
|
Subject |
Bimbingan Berkelanjutan
Kompetensi Guru Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) |
|
Description |
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi gurudalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP) Kurikulum 2013 melaluibimbingan berkelanjutan di Sekolah Dasar Negeri 01 Penarik.Penelitian TindakanSekolah dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 01 Penarik, Jln. Raya Penarik DesaPenarik, Kecamatan Penarik, Kabupaten Mukomuko. Penelitian Tindakan Sekolah(PTS) ini dilaksanakan pada semester satu tahun 2017 mulai September sampaidengan Nopember 2017. Yang menjadi subjek dalam penelitian tindakan ini adalahdelapan guru kelas IA dan IB; IIA dan II B; IVA dan IVB; Va dan VB (kelas tersebutsudah menggunakan Kurikulum 2013) di Sekolah Dasar Negeri 01 Penarik KecamatanPenarik, Kabupaten Mukomuko.Teknik analisis data yang dilakukan ini menggunakanpendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode siklus dengan dua siklus.Masing-masing siklus dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan kompetensi gurudalammenyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selanjutnya data awaldibandingkan dengan hasil siklus satu, kemudian dievaluasi, direfleksi untuk melangkahpada siklus selanjutnya hingga mendapat hasil maksimal.Prosedur penelitian inidilakukan dengan memberikan tindakan berupa: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)pengamatan, dan (4) refleksi. Keempat kegiatan tersebut saling terkait dan secara urutmembentuk sebuah siklus.Hasil penelitian tindakan ini pada pra siklus nilai rata-ratakomponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 77% dan pada siklus I nilai ratarata89% dan siklus II nilai rata-rata 97% .Nilai rata-rata terjadi peningkatan 20% daripra siklus. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bimbingan berkelanjutan dapatmeningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) . Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkanbahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana PelaksanaanPembelajaran (RPP) dari siklus ke siklus.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2018-01-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/31
10.37471/jpm.v3i2.31 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 2 (2018): Edisi Januari; 47-53
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v3i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/31/22
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|