Record Details

Peningkatan Kompetensi Guru Merumuskan Silabus Melalui Supervisi Terjadwal

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kompetensi Guru Merumuskan Silabus Melalui Supervisi Terjadwal
 
Creator Suharwinnoto
 
Subject Kompetensi guru
silabus
supervisi terjadwal
 
Description Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah: 1) meningkatkan kompetensi guruSMP Negeri 3 Tambang dalam merumuskan silabus. 2) melaksanakan supervisiseoptimal mungkin dengan supervisi terjadwal, sehingga pembinaan yangberkelanjutan, terprogram atau secara terus menerus dan intensif agar berdampakpada peningkatan kompetensi guru dalam merumuskan silabus. Penelitian iniadalah penelitian tindakan kepengawasan yang dilaksanakan melalui refleksi secaraberulang mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi/evaluasi,perencanaan tindakan selanjutnya, dan seterusnya sampai pada indikatorkeberhasilan tercapai. Subyek penelitian ini adalah 20 (dua puluh) orang guru matapelajaran ujian nasional di SMP Negeri 3 Tambang, hal ini disebabkan karenapeneliti bertugas sebagai pengawas pembina, pada sekolah tersebut yangberkewajiban membina dan mengembangkan kualitas kompetensi guru. Hasilpenelitian pada pra siklus dari 20 orang rata-rata 55% dengan kategori cukup.Siklus 1 setelah supervisi pertama dari 20 orang rata-rata 75% dengan kategori baiktetapi masih belum sesuai indikator yang dicapai yaitu 82%-100%. Siklus 2 setelahsupervisi kedua dari 20 orang rata-rata 93% dengan kategori sangat baik, prosentaseini sudah mencapai indikator yang diharapkan. Dengan supervisi terjadwal dapatmeningkatkan kompetensi guru dalam merumuskan silabus pada pengawasan SMPNegeri 3 Tambang.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2018-01-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/28
10.37471/jpm.v3i2.28
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 2 (2018): Edisi Januari; 25-31
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v3i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/28/19
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern