Record Details

Penerapan Model Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Jurnal Pendidikan Modern

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS
 
Creator Sri Muryani
 
Subject hasil belajar IPS
model pembelajaran resiprokal
 
Description Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS denganpenerapan model pembelajaran resiprokal di kelas IX E SMP Negeri 4 Ngawisemester ganjil tahun pelajaran 2016-2017. Setting penelitian dilaksanakan di SMPNegeri 4 Ngawi Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Subyek penelitian siswakelas IX E SMP Negeri 4 Ngawi dengan jumlah 36 siswa terdiri dari 16 orang lakilakidan 19 orang perempuan. Metode Penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas, analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah: a)Analisis kuantitatif, b) Analisis kualitatif. Analisis digunakan terhadap data hasilpenelitian tahap pra siklus, siklus pertama, dan siklus ke dua. Teknik analisisdilakukan dengan membandingkan seberapa besar selisih nilai yang diperoleh siswadalam mengikuti ulangan harian siswa selama proses pembelajaran pada setiaptahap. Hasil pembelajaran kondisi awal IPS Kompetensi Dasar mendeskripsikanciri-ciri negara berkembang dan negara maju adalah 19% siswa tuntas, kemudiansetelah diterapkan model pembelajaran resiprokal diperoleh rata-rata klasikal daripra siklus dari 19% pada siklus I meningkat menjadi 64%, siklus II meningkatdrastis menjadi 94%. Karena dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajarsiswa, maka peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran resiprokal sangatcocok digunakan dalam pembelajaran IPS.
 
Publisher STKIP Modern Ngawi
 
Date 2018-01-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/27
10.37471/jpm.v3i2.27
 
Source Jurnal Pendidikan Modern; Vol 3 No 2 (2018): Edisi Januari; 18-24
2580-099X
2460-1225
10.37471/jpm.v3i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/27/18
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern