Konstruktivisme dan Pembelajaran IPA
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Konstruktivisme dan Pembelajaran IPA
|
|
Creator |
Agus Hariyadi Suprianto
|
|
Subject |
konstruktivisme
pembelajaran prinsip-prinsip IPA variasi |
|
Description |
Pada dasarnya konstruktivisme mengandung lima prinsip tentang belajar dan mengajar, yaitu: pertama, pembelajar telah memiliki pengetahuan awal; kedua, belajar merupakan proses pengkonstruksian pengetahuan berdasarkan pengetahuan awal yang telah dimiliki; ketiga, belajar adalah perubahan konsepsi pembelajar, keempat, proses pengkonstruksian pengetahuan berlangsung dalam konteks tertentu; dan kelima, pembelajar bertanggung jawab terhadap proses belajarnya. Banyak variasi konstruktivisme dan juga pandangan tentang bagaimana lingkungan pembelajaran dan urutan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip konstruktivisme. Untuk itu perlu dukungan khusus bagi para guru, misalnya melalui pendidikan dan pelatihan, serta forum berbagi pengalaman agar mereka dapat menerapkan prinsip-prinsip konstruktivisme dalam melaksanakan proses pembelajaran.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2019-01-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/20
10.37471/jpm.v4i2.20 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 4 No 2 (2019): Edisi Januari; 46-52
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v4i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/20/12
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|