Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Kelas V SD
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Kelas V SD
|
|
Creator |
Nela Rofisian
Ummu Hany Almasitoh |
|
Subject |
Hasil Belajar
Metode Mind Mapping |
|
Description |
Mind mappingmengembangkan tingkatkeaktifan, kreatifitas, daya ingat, kemandirian danpengetahuansiswasesuaidengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Mind Mapping dapat membuat hasil belajar meningkat dan keaktifan siswa di kelas V SDN Sribit dalam pembelajaran IPS, dibuktikan dengan meningkatnyahasil belajar siswa berdasarkan kriteria keberhasilan tindakan yaitu ≥50% dari jumlah seluruh siswa kelas V mencapai nilai KKM 75. Pada kondisi awal (Pra Siklus) nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas V SDN Sribit sebesar 68,30atau sebesar 26,92%. Hasil belajar siswa yang rendah terlihat dari proses pembelajaran yang didominasi oleh guru,siswa terbiasa duduk mendengarkan penjelasan guru sehingga permasalahan tersebut menyebabkan siswa kurang akif dalam pembelajaran, menurunnya semangat belajar siswa. Dengan adanya perbaikanpada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 72,46 danketuntasan belajar siswa mencapai 46,15%.Selanjutnya pada siklus 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatansebesar 77,23 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 76,92%.
|
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2019-01-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/17
10.37471/jpm.v4i2.17 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 4 No 2 (2019): Edisi Januari; 24-28
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v4i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/17/9
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|