Metode Bermain untuk Meningkatkan Nilai Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS di SDN 3 Karanganom Klaten Utara
Jurnal Pendidikan Modern
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Metode Bermain untuk Meningkatkan Nilai Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS di SDN 3 Karanganom Klaten Utara
|
|
Creator |
Isna Rahmawati
|
|
Subject |
Nilai
Nilai Sosial Metode Bermain Siswa SD |
|
Description |
Nilai sosial akhir-akhir ini menjadi persoalan yang muncul dalam dunia pendidikan. Sikap individualisme, lunturnya kebersamaan dan saling menghargai sudah menjangkiti siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai sosial dengan menggunakan metode bermain dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 3 Karanganom Klaten Utara. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus dari Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak enam pertemuan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian meliputi observasi dengan lembar observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan serta wawancara dengan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sosial siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode bermain. Melalui kegiatan bermain anak terlatih untuk saling bekerjasama baik dalam satu kelompok maupun antar kelompok dan terlatih untuk saling menghargai orang lain dalam memecahkan sandi dan menemukan makna yang terkandung di dalam kegiatan bermain. Melalui metode bermain nilai sosial siswa mengalami peningkatan secara kontinyu dari siklus ke siklus. Rata-rata skor nilai sosial siswa sebelum dilakukan tindakan adalah sebesar 37,26 meningkat menjadi 41,83 setelah dilakukan tindakan pada siklus 1. Selanjutnya pada siklus 2 meningkat menjadi 52,64. |
|
Publisher |
STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2019-01-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/16
10.37471/jpm.v4i2.16 |
|
Source |
Jurnal Pendidikan Modern; Vol 4 No 2 (2019): Edisi Januari; 16-23
2580-099X 2460-1225 10.37471/jpm.v4i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/jpm/article/view/16/8
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Modern
|
|