Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Kabupaten Ngawi
IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement)
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga Kabupaten Ngawi
|
|
Creator |
Laksono, Bayu Adi
Azizah, Elisa Novie Lintiana, Lina Lutfiana, Fatimatul |
|
Description |
ABSTRAK Institusi keluarga memiliki peran mengajarkan nilai-nilai sebagai bekal anggota keluarga bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan keluarga, bersama pendidikan masyarakat, merupakan bagian dari pendidikan di luar sistem persekolahan (pendidikan nonformal dan informal) yang secara integral dan bersama-sama pendidikan persekolahan (pendidikan formal) memiliki peran dalam menghasilkan karakter manusia Indonesia yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini yakni, untuk meningkatkan pemahaman yang utuh mengenai pendidikan keluarga dari perwakilan lembaga pendidikan formal dan nonformal (Guru, Pengelola, Kepala Sekolah PAUD) di wilayah Kabupaten Ngawi serta untuk menerapkan program pendidikan keluarga pada masing-masing satuan pendidikan. Untuk metode yang dipakai dalam Pengabdian Masyarakat ini memakai metode ceramah bervariasi, diskusi, Pre-Test dan Post-Test. Selanjutnya ketercapaian pemahaman materi yang disampaikan dinilai cukup baik dengan meningkatnya hasil dari pre-test dan post-test yang telah dilakukan. Berdasarkan soal yang telah dibuat sebagai instrumen pengukuran pemahaman peserta, rata-rata peserta mendapatkan nilai 47,5 pada tes awal (pre-test) dan mendapatkan nilai 63,1 pada tes akhir (post-test), hal tersebut menunjukkan peningkatan pemahaman materi oleh peserta pasca pemberian materi. ABSTRACT Family institutions have the role of teaching values as provisions for family members take steps in daily life. Family educationwith the community education, is part of education-outside the schooling system (non-formal and informal education) which integrally and by the schooling education (formal education) has a role in producing the character of Indonesian people in accordance with the objectives of national education. The purpose of this Community Service is to increase a complete understanding of family education from representatives of formal and non-formal education institutions (Teachers, Managers, Principals of PAUD) in Ngawi and to implement family education programs in each education unit. The method used in Community Service is varied lectures, discussions, Pre-Test and Post-Test. Furthermore, the achievement of understanding the material presented is considered quite good with the increasing results of the pre-test and post-test that have been done. Based on the questions that have been made as an instrument to measure participants' understanding, on average the participants get a score of 47.5 in the initial test (pre-test) and get a score of 63.1 in the final test (post-test), it shows an increase in understanding of the material by participants after giving the material. |
|
Publisher |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2020-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ijce/article/view/84
|
|
Source |
IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement); Vol 1 No 1 (2020): Edisi Februari; 7-12
2720-8974 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ijce/article/view/84/61
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Modern
|
|