Record Details

PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) K-13 DI SDN KINCANG 02 JIWAN

IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) K-13 DI SDN KINCANG 02 JIWAN
 
Creator Khusniyah, Tri Wardati
Wana, Prima Rias
Pangestu, Widya Trio
Supriyanto, Djoko Hari
 
Description ABSTRAK
 
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berlaku dalam sistem pendidikan dasar dan menengah saat ini. Kurikulum 2013 memiliki perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru yaitu dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Guru-guru SDN Kincang 02 Jiwan merupakan sasaran yang tepat dari kegiatan pengabdian masyarakat disebabkan ada kendala pada pengetahuan dan penyusunan RPP Kurikulum 2013. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan dalam penyusunan RPP Kurkulum 2013. Kegiatan ini menggunakan metode pendekatan teoritis yang terdiri dari pemaparan materi pelatihan, diskusi, pendampingan, dan praktik. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu, pelatihan dan pendampingan kegiatan mandiri. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa para guru telah berusaha memahami dan menyusun RPP dengan baik. Adapun respons yang diperoleh menunjukkan bahwa tema  pelatihan  sesuai  dengan  kebutuhan  peningkatan  profesionalisme  guru. Pelatihan berjalan dengan  lancar.
 
 
ABSTRACT
 
The Curriculum 2013 is a curriculum that has been applied in the current primary and secondary education system. The Curriculum 2013 has a learning tool compiled by teachers, namely the lesson plan document (RPP). Kincang 02 Jiwan Elementary School teachers are the right target of community service activities due to constraints on the knowledge and preparation of the Curriculum 2013 lesson plan document. This service aimed to increase understanding and skills in the preparation of the  Curriculum2013 lesson plan document. This activity uses a theoretical approach that consists of presentation of training material, discussion, assistance, and practice. This activity was carried out in two stages, namely, training and mentoring for independent activities. The results of the community service activities showed that teachers have tried to understand and compile lesson plans well. The responses obtained indicate that the training theme is in accordance with the need to improve teacher professionalism. The training went smoothly.
 
 
Publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Modern Ngawi
 
Date 2020-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ijce/article/view/83
 
Source IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement); Vol 1 No 1 (2020): Edisi Februari; 1-6
2720-8974
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ijce/article/view/83/60
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Modern