Record Details

Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Tari Tradisional Orek-orek Pada Kelompok Bermain Wijaya Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi

Journal of Modern Early Childhood Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Tari Tradisional Orek-orek Pada Kelompok Bermain Wijaya Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi
 
Creator Intan Nur Nafiah, Intan Nur Nafiah
 
Subject percaya diri
tari orek-orek
pendidikan anak usia dini
 
Description Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri, melalui tari tradisional orek-orek pada anak kelompok bermain Wijaya Kecamatan Kedunggalar, Ngawi tahun 2020. Tari orek-orek dipilih karena dapat mendorong anak untuk meningkatkan keberanian, kemandirian dan gigih/semangat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah 12 anak Kelompok Bermain Wijaya Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Objek penelitian ini yaitu, keberanian, kemandirian dan gigih/semangat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah catatan wawancara. observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukan 75% anak mengalami peningkatan kepercayaan diri melalui tari tradisional orek-orek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri anak meningkat, pada saat dilakukan obsrvasi Pra tindakan persentase kepercayaan diri sebesar 47% pada kategori (MB), meningkat menjadi 42% dalam kategori (BSH) dan 20% dalam kategori (BSB) pada siklus I, dan meningkatan menjadi 20% dalam kategori (BSH) dan 80% dalam (BSB) pada siklus II
Kata Kunci: percayadiri, tari orek-orek, pendidikan anak usia dini
 
Abstract
This study aims to increase self-confidence, through orek-orek traditional dance in children of the Wijaya play group, Kedunggalar District, Ngawi in 2020. Orek-orek dance was chosen because it can encourage children to increase courage, independence and persistence / enthusiasm. This type of research is a classroom action research using Kemmis and Mc.Taggart's model. The subjects in this study were 12 children of the Wijaya Play Group, Kedunggalar District, Ngawi Regency, consisting of 8 boys and 4 girls. The objects of this research are courage, independence and persistence / enthusiasm. The data collection method used was interview notes. observation and documentation. The data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative techniques. The indicator of success in this study is if the percentage calculation shows that 75% of children have increased self-confidence through the traditional doodle dance. The results showed that the child's self-confidence increased, when the pre-action observation was carried out, the percentage of self-confidence was 47% in the category (MB), increased to 42% in the category (BSH) and 20% in the category (BSB) in the first cycle, and it increased. to 20% in the category (BSH) and 80% in (BSB) in cycle II.
Keywords: self-confident, orek-orek dance, early childhood education
 
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-08-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/353
 
Source Journal of Modern Early Childhood Education; Vol 1 No 01 (2021): Agustus 2021; 27-33
2775-9520
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/353/169
 
Rights Copyright (c) 2021 Journal of Modern Early Childhood Education