Record Details

Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam (TK Dharma Wanita Kletekan 2 Jogorogo Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)

Journal of Modern Early Childhood Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam (TK Dharma Wanita Kletekan 2 Jogorogo Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
 
Creator Siti Alfiah
 
Subject PTK, Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan, Menganyam, Kelompok B
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proes menganyam untuk meningkatkan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kletekan 2 Jogorogo Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kletekan 2 Jogorogo Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kletekan 2 yang berjumlah 12 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% dari 12 anak memiliki kemampuan motorik halus dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Proses pelaksanaan kegiatan menganyam meliputi menganyam menggunakan spons ati dan daun pisang. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dan setiap siklus ada 2 pertemuan. Disetiap akhir pertemuan terdapat refleksi Disetiap akhir pertemuan terdapat refleksi. 2) kegiatan menganyam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak sebesar 75%. Dengan hasil pada pra tindakan diperoleh 0% atau belum ada anak dari 12 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik. Pada siklus I diperoleh  8,33% atau 1 anak dari 12 anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Pada siklus II diperoleh  75% atau 9 anak dari 12 anak kemampuan motorik halus berkembang sangat baik. Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan menganyam dapat meningkatkan motorik halus
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-03-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/160
 
Source Journal of Modern Early Childhood Education; Vol 1 No 01 (2021): Februari 2021; 59-64
2775-9520
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/160/101
 
Rights Copyright (c) 2021 Journal of Modern Early Childhood Education