Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak (TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
Journal of Modern Early Childhood Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak (TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
|
|
Creator |
Rini Purwanti
|
|
Subject |
PTK, Kemampuan Berhitung Permulaan, Permainan Tradisional, Congklak, Anak Usia 4-5 Tahun
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan permainan tradisional congklak dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada kelompok A TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019, 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan tradisional congklak pada kelompok A TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi 2018/2019. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart. Yang meliputi empat tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Dilakukan 2 siklus dan setiap siklus ada 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A yang berjumlah 16 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 16 anak memiliki kemampuan berhitung permulaan dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) proses pelaksanaan permainan tradisional congklak meliputi kegiatan pembelajaran dilakukan sebanyak 6 pertemuan yang terbagi dalam 2 siklus. Di setiap akhir pertemuan terdapat refleksi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan, 2) permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak sebesar 81% . Dengan hasil pada pra tindakan 12,5%, atau 2 anak dari 16 anak berada pada kriteria mulai berkembang, siklus I 25% atau 4 anak dari 16 anak berada pada kriteria berkembang sesuai harapan, dan siklus II 81% atau 13 anak dari 16 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan.
|
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2021-03-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/159
|
|
Source |
Journal of Modern Early Childhood Education; Vol 1 No 01 (2021): Februari 2021; 48-58
2775-9520 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/159/102
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Journal of Modern Early Childhood Education
|
|