Record Details

Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak (TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)

Journal of Modern Early Childhood Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak (TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
 
Creator Rini Purwanti
 
Subject PTK, Kemampuan Berhitung Permulaan, Permainan Tradisional, Congklak, Anak Usia 4-5 Tahun
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan permainan tradisional congklak dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada kelompok A TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019, 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan tradisional congklak pada kelompok A TK Dharma Wanita Kedunggalar Ngawi 2018/2019. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart. Yang meliputi empat tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Dilakukan 2 siklus dan setiap siklus ada 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A yang berjumlah 16 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 16 anak memiliki kemampuan berhitung permulaan dengan kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) proses pelaksanaan permainan tradisional congklak meliputi kegiatan pembelajaran dilakukan sebanyak 6 pertemuan yang terbagi dalam 2 siklus. Di setiap akhir pertemuan terdapat refleksi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan, 2) permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung  permulaan anak sebesar 81% . Dengan hasil pada pra tindakan 12,5%, atau 2 anak dari 16 anak berada pada kriteria mulai berkembang,  siklus I  25% atau 4 anak dari 16 anak berada pada kriteria berkembang sesuai harapan,  dan siklus II 81% atau 13 anak dari 16 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik. Hasil penelitian membuktikan bahwa permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-03-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/159
 
Source Journal of Modern Early Childhood Education; Vol 1 No 01 (2021): Februari 2021; 48-58
2775-9520
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/159/102
 
Rights Copyright (c) 2021 Journal of Modern Early Childhood Education