Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Pohon Pintar (Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
Journal of Modern Early Childhood Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Pohon Pintar (Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
|
|
Creator |
Julya Nur Wahyu Astutik
|
|
Subject |
Kemampuan Mengenal Huruf, Media, Pohon Pintar, Anak Usia 3-4 Tahun, Penelitian Tindakan Kelas
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan kemampuan mengenal huruf anak melalui penggunaan media pohon pintar pada Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019; 2) mendiskripsikan peningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media pohon pintar pada anak Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart, yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Dilakukan 2 siklus dan setiap siklus ada 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi yang berjumlah 16 anak terdiri dari 10 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% yaitu 12 anak dari 16 anak memiliki kemampuan mengenal huruf dengan kriteria berkembang sangat baik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pelaksanaan media pohon pintar pada peningkatan kemampuan mengenal huruf Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi meliputi: a) menyebutkan huruf vokal; b) menyebutkan huruf konsonan; c) menyebutkan kata yang dilakukan sebanyak 6 pertemuan dalam 2 siklus; 2) media pohon pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf sebesar 75%, dengan hasil pada: kondisi awal pra siklus dipersentase 0% atau belum ada anak dari 16 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik, siklus I yaitu 12% atau 2 anak dari 16 anak terdapat kriteria berkembang sesuai harapan, siklus II yaitu 75% atau 12 anak dari 16 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik.
|
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2021-03-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/158
|
|
Source |
Journal of Modern Early Childhood Education; Vol 1 No 01 (2021): Februari 2021; 36-47
2775-9520 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/158/103
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Journal of Modern Early Childhood Education
|
|