Record Details

Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Pohon Pintar (Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)

Journal of Modern Early Childhood Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Pohon Pintar (Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
 
Creator Julya Nur Wahyu Astutik
 
Subject Kemampuan Mengenal Huruf, Media, Pohon Pintar, Anak Usia 3-4 Tahun, Penelitian Tindakan Kelas
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan proses pelaksanaan kemampuan mengenal huruf anak melalui penggunaan media pohon pintar pada Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019; 2) mendiskripsikan peningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media pohon pintar pada anak Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart, yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Dilakukan 2 siklus dan setiap siklus ada 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi yang berjumlah 16 anak terdiri dari 10 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% yaitu 12 anak dari 16 anak memiliki kemampuan mengenal huruf dengan kriteria berkembang sangat baik Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pelaksanaan media pohon pintar pada peningkatan kemampuan mengenal huruf Kelompok Bermain Al-Azhar Beran Ngawi meliputi: a) menyebutkan huruf vokal; b) menyebutkan huruf konsonan; c) menyebutkan kata yang dilakukan sebanyak 6 pertemuan dalam 2 siklus; 2) media pohon pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf sebesar 75%, dengan hasil pada: kondisi awal pra siklus dipersentase 0% atau belum ada anak dari 16 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik, siklus I yaitu 12% atau 2 anak dari 16 anak terdapat kriteria berkembang sesuai harapan, siklus II yaitu 75% atau 12 anak dari 16 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-03-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/158
 
Source Journal of Modern Early Childhood Education; Vol 1 No 01 (2021): Februari 2021; 36-47
2775-9520
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/158/103
 
Rights Copyright (c) 2021 Journal of Modern Early Childhood Education