Record Details

Peningkatan Kemampuan Emosi Melalui Story book (TK Yaa Bunayya Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)

Journal of Modern Early Childhood Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kemampuan Emosi Melalui Story book (TK Yaa Bunayya Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
 
Creator Iklima Hafsah
 
Subject Kemampuan Emosi, Media, Story book, Kelompok B, Penelitian Tindakan Kelas
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan emosi melalui media Story book pada anak Kelompok B TK Yaa Bunayya Kabupaten Ngawi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Model penelitian yang digunakan yaitu model spiral Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru dengan peneliti. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah seluruh anak kelompok B TK Yaa Bunayya Kabupaten Ngawi, dengan jumlah anak 10 anak.. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan daftar cek (check list) dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan emosi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi pra siklus dan siklus 1 sampai siklus 2. Pada pra siklus diperoleh persentase kemampuan emosi  sebesar 10% mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 40% dan meningkat lagi setelah siklus 2 dengan  persentase  sebesar 80%. Hasil penelitian membuktikan bahwa media emosi dapat meningkatkan kemampuan emosi.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-03-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/157
 
Source Journal of Modern Early Childhood Education; Vol 1 No 01 (2021): Februari 2021; 25-35
2775-9520
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/157/104
 
Rights Copyright (c) 2021 Journal of Modern Early Childhood Education