Record Details

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Binatang (Kelompok B TK Dharma Wanita Majasem 3 Kendal Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)

Journal of Modern Early Childhood Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Binatang (Kelompok B TK Dharma Wanita Majasem 3 Kendal Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
 
Creator Endang Pudjiati
 
Subject Kemampuan, Membaca Permulaan, Media, Gambar Binatang, Penelitian Tindakan Kelas
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar binatang pada kelompok B di TK Dharma Wanita Majasem 3 Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi. Rancangan penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang didalamnya terdapat empat komponen/kegiatan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan adalah dengan pemberian tugas dengan cara menghubungkan gambar dengan kata yang melambangkannya. Tempat penelitian di TK Dharma Wanita Majasem 3 Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi, dengan subjek penelitian anak kelompok B sejumlah 33 anak yang terdiri dari 22 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Hasil penelitian ini adalah kemampuan anak menggunakan media gambar binatang dalam pembelajaran membaca permulaan adalah baik karena terjadi peningkatan hasil yang pada siklus 1 hanya sebanyak 19 anak atau dipersentase 58% yang kemudian pada siklus 2 menjadi 29 anak atau dipersentase 88% dari jumlah siswa yaitu 33 anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar binatang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di TK Dharma Wanita Majasem 3.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-03-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/156
 
Source Journal of Modern Early Childhood Education; Vol 1 No 01 (2021): Februari 2021; 11-24
2775-9520
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/156/105
 
Rights Copyright (c) 2021 Journal of Modern Early Childhood Education