Record Details

PTK Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama ( Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)

Journal of Modern Early Childhood Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PTK Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama ( Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
 
Creator Anik Wijayanti
 
Subject Kemampuan Motorik Kasar, Kegiatan, Senam Irama, Kelompok Bermain, PTK.
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan proses pelaksanaan kemampuan motorik kasar melalui Kegiatan Senam Irama pada anak Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi tahun ajaran 2018/2019; 2) mendiskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan senam irama pada anak Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi tahun ajaran 2018/2019.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi yang berjumlah 12 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisa data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% atau 9 anak dari 12 anak memiliki kemampuan motorik kasar dengan kriteria berkembang sangat baik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan  kegiatan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi meliputi : a) gerak lengan; b) gerak kaki; c) kombinasi gerakan lengan dan kaki yang dilakukan sebanyak 6 pertemuan  dalam 2 siklus ; 2) kegiatan senam irama dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak sebesar 92%, dengan hasil pada: pra siklus diperoleh 0% atau belum ada anak dari 12 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik, b) siklus I diperoleh 8% atau 1 anak dari 12 anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan, c) siklus II diperoleh 92% atau 11 anak dari 12 anak yang kemampuan motorik kasar berkembang sangat baik.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-03-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/155
 
Source Journal of Modern Early Childhood Education; Vol 1 No 01 (2021): Februari 2021; 1-10
2775-9520
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/155/106
 
Rights Copyright (c) 2021 Journal of Modern Early Childhood Education