PTK Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama ( Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
Journal of Modern Early Childhood Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PTK Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama ( Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019)
|
|
Creator |
Anik Wijayanti
|
|
Subject |
Kemampuan Motorik Kasar, Kegiatan, Senam Irama, Kelompok Bermain, PTK.
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan proses pelaksanaan kemampuan motorik kasar melalui Kegiatan Senam Irama pada anak Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi tahun ajaran 2018/2019; 2) mendiskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan senam irama pada anak Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi tahun ajaran 2018/2019.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan menggunakan modifikasi model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi yang berjumlah 12 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisa data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% atau 9 anak dari 12 anak memiliki kemampuan motorik kasar dengan kriteria berkembang sangat baik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan kegiatan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi meliputi : a) gerak lengan; b) gerak kaki; c) kombinasi gerakan lengan dan kaki yang dilakukan sebanyak 6 pertemuan dalam 2 siklus ; 2) kegiatan senam irama dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak sebesar 92%, dengan hasil pada: pra siklus diperoleh 0% atau belum ada anak dari 12 anak berada pada kriteria berkembang sangat baik, b) siklus I diperoleh 8% atau 1 anak dari 12 anak yang berada pada kriteria berkembang sesuai harapan, c) siklus II diperoleh 92% atau 11 anak dari 12 anak yang kemampuan motorik kasar berkembang sangat baik.
|
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2021-03-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/155
|
|
Source |
Journal of Modern Early Childhood Education; Vol 1 No 01 (2021): Februari 2021; 1-10
2775-9520 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JMECE/article/view/155/106
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Journal of Modern Early Childhood Education
|
|