MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MINI DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS IV SDN JATIGEMBOL 5 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020
Journal Active of Sports
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MINI DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS IV SDN JATIGEMBOL 5 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2019/ 2020
|
|
Creator |
Tri Mei Susanti
|
|
Subject |
passing, bola voli mini,modifikasi bola plastik
|
|
Description |
Penilaian ini melibatkan seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Jatigembol 5 Ngawi, yang hadir dalam penelitian yaitu berjumlah 21 dengan rincian siswa 16 siswa putri dan 5 siswa putra. Teknik analisis data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar observasi aktivitas siswa, instrumen analisis gerak dasar serta tes praktik. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran gerakkan passing bawah bola voli mini melalui modifikasi bola plastik, di SDN Jatigembol 5 Ngawi Tahun 2020, Aktivitas peneliti dalam mengajar gerakkan passing bawah bola voli mini melalui modifikasi bola plastik pada siklus pertama 70%, sedang pada siklus kedua setelah melakukan perbaikan pada RPP, aktivitas peneliti dalam mengajar mencapai 80 %. Pada siklus kedua ini mengalami kenaikan sebesar 9%. Mengacu pada indikator ketercapaian aktivitas peneliti dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 80%, dan hasil dari siklus kedua dikatakan berhasil dan mempunyai kualifikasi sangat baik (A). Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran gerakkan passing bawah bola voli melalui variasi bola plastik mencapai 73 %, sedangkan pada siklus kedua setelah melakukan perubahan skenario pembelajaran di RPP, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 86 %, hal ini berarti ada kenaikan sebesar 13% pada pelaksanaan siklus kedua. Peneliti juga mengajukan saran, yaitu : (1) Bagi siswa, agar meningkatkan semangat belajar siswa dalam kondisi dan keadaan apapun, ketahuilah bahwa belajar itu sangat menyenangkan dan menjadikan diri siswa lebih berprestasi, serta kembangkanlah potensi dan skill sesuai dengan apa yang disukai, (2) Bagi guru, agar menggali ide-ide yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, ciptakanlah pembelajaran yang praktis, aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan, gembira dan berbobot |
|
Publisher |
Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi STKIP Modern Ngawi
|
|
Date |
2020-12-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JAS/article/view/153
|
|
Source |
Journal Active of Sports; Vol 1 No 1 (2020): October; 41-51
2775-9202 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/JAS/article/view/153/107
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Journal Active of Sports
|
|