Record Details

ANALISIS SEMANGAT PRODUKTIVITAS SISWA TERKAIT PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP ADANYA INSPIRASI SEKOLAH WARNA DI SMK NEGERI 1 BRINGIN

Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS SEMANGAT PRODUKTIVITAS SISWA TERKAIT PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP ADANYA INSPIRASI SEKOLAH WARNA DI SMK NEGERI 1 BRINGIN
 
Creator Rohmatin, Binti
Cahyono, Wito
Pradana, Oki Ribut Yuda
 
Subject Semangat Pembelajaran
Sekolah Warna
Matematika
 
Description Semangat produktivitas siswa dapat digambarkan dengan adanya dukungan dari kondisi tempat pembelajaran, artinya kondisi sarana dan prasaraa juga menjadi salah satu penunjang dalam proses mengajar yang dilakukan oleh seorang guru. Selain itu, sarana prasarana juga menjadi salah satu pemicu semangat dan motivasi belajar bagi seorang siswa. Dalam hal ini analisis semangat siswa terkait pelajaran matematika terhadap adanya inspirasi sekolah warna di SMKN 1 BRINGIN, merupakan salah satu cara sekolah untuk menumbuhkan semangat siswa untuk belajar. Kejenuhan dan kurangnya semangat belajar siswa terutama pada pembelajaran matematika yang mayoritas sulit untuk mengerti dipengaruhi juga dengan fasilitas sekolah, dari awal mulai pembelajaran sampai akhir yang memakan waktu yang cukup lama, juga membuat siswa jenuh akan kondisi kelas maupun sekolah. Maka dari itu,sekolah warna ini merupakan salah satu solusi yang dimiliki SMKN 1 BRINGIN, dengan memberikan ruangan yang berwarna dan penambahan taman yang yang menjadikan sekolah ini terlihat menarik dan tidak membuat kejenuhan kepada siswa. Dalam pengambilan sampel responden siswa yang terdiri dari 76 responden, menyatakan bahwa sebanyak 71% siswa menyatakan bahwa adanya sekolah warna memberikan efek semangat kepada mereka dan sebanyak 56,6% siswa menyatakan bahwa sekolah warna ini memberikan efek positif serta 35,5% menyatakan bahwa adanya sekolah warna memberikan efektivitas dapat mengurangi kejenuhan dalam belajar mengajar. Penambahan tanaman dan taman juga merupakan salah satu bentuk penunjang untuk menambah semangat dan mengurangi kebosanan siswa ketika berada di sekilah maupun dalam proses belajar mengajar.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-12-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/400
 
Source Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics; Vol 2 No 1 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM); 9-13
2775-8397
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/400/189