Record Details

MENGANALISIS PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH KARTAYUDA DESA WADO KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENGANALISIS PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH KARTAYUDA DESA WADO KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
 
Creator Syafita, Dewi Nur Alya
Kholifah, Siti Nor
Sasomo, Budi
 
Subject Pengelolaan Madrasah
Mutu Layanan
 
Description Biaya Pendidikan di Madrasah Aliyah Kartayuda sangat fleksibel untuk kalangan menengan kebawah. Hal ini sangat berpengaruh terhadap unsur utama pengembangan Sumber Daya Manusia. SDM dianggap lebih bernilai apabila sikap, perilaku, wawasan, kemampuan, keahlian serta keterampilanya sesuai dengan kebutuhan berbagai bidang dan sektor. Terutama dalam rangka Manajemen Berbasis Madrasah, yang memberikan kewenangan kepada Madrasah untuk mencari dan memanfaatkan berbagai sumber dana sesuai dengan kebutuhan masing - masing Madrasah karena pada umumnya dunia pendidikan selalu dihadapkan pada masalah keterbatasan dana, apa lagi dalam kondisi krisis pada sekarang ini. Tujuan Penelitian adalah 1) Menganalisis biaya pemasukan Madrasah 2) Menganalisis biaya pengeluaran madrasah dan partisipasi masyarakat atau wali murid terhadap Mutu Layanan Pendidikan di Madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif - survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, kuisioner, wawancara, dan observasi. Sampel Penelitian yang diperoleh berjumlah 74 partisipan, terdiri dari 9 pengelola pendidikan, 30 guru, dan 35 siswa/i. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pengelolaan Biaya Pendidikan pada Madrasah Aliyah Kartayuda sangat fleksibel, 2) Madrasah tidak memberatkan wali murid dalam pembayaran Infak Madrasah 3) Partisipasi Masyarakat sangat berpengaruh terhadap Mutu Layanan Pembelajaran.
 
Publisher Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Modern Ngawi
 
Date 2021-12-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/389
 
Source Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics; Vol 2 No 1 (2021): Indonesian Jurnal Of Education and Learning Mathematics (IJELM); 1-8
2775-8397
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/IJELM/article/view/389/187